Pahlawan di Ilustrasi Uang Baru Rp 100: HOS Tjokroaminoto

by admin
33 views

Jakarta – Pemerintah berencana melakukan redenominasi alias penyederhanaan mata uang rupiah. Nantinya, uang Rp 100 ribu akan menjadi Rp 100. Ada gambar pahlawan nasional HOS Tjokoroaminoto dalam uang Rp 100 kelak.

Desain terakhir mata uang setelah redenominasi itu sudah disampaikan Kementerian Keuangan sejak 2013. Terlihat uang nominal Rp 100 berwarna merah, sama seperti uang Rp 100 ribu saat ini. Pada uang Rp 100, tampak gambar pahlawan mengenakan peci hitam dan berkumis.Itu adalah gambar sosok Raden Mas Hadji Oemar Said Tjokroaminoto. Dia berjulukan Raja Jawa Tanpa Mahkota dan Guru Bangsa.

BACA JUGA:   SI Banjarnegara: Selamat & Sukses atas terpilihnya kembali Dr. Hamdan Zoelva, SH.,MH sebagai Presiden LT SI Masa Jihad 2021-2026

“Guru para pemimpin-pemimpin besar di Indonesia,” tulis Direktorat Kepahlawanan Keperintisan, Kesetiakawanan, dan Restorasi Sosial (K2KRS) Kementerian Sosial di situsnya, seperti diakses detikcom, pada Rabu (8/7/2020).

Tjokroaminoto berasal dari Jawa Timur, lahir pada 16 Agustus 1882, di Madiun dan meninggal dunia pada 17 Desember 1934 di Yogyakarta pada usia 52 tahun. Dia dimakamkan di Cikutra.

Ilustrasi redenominasiIlustrasi redenominasi (Istimewa)

Tjokroaminoto adalah pelopor pergerakan di Indonesia, pemimpin Sarekat Islam (SI). Dia menjadi pahlawan karena dapat menghimpun dan memberikan pengaruh bagi rakyat seantero Jawa dan luar Jawa yang membuat pemerintah kolonial Hindia Belanda khawatir.

BACA JUGA:   DPP KNPI: Selamat & Sukses atas terpilihnya Dr. Hamdan Zoelva, SH.,MH sebagai Presiden Ketua Umum LT/DPP SI

Tjokroaminoto juga aktif menulis di surat kabar dan majalah, juga mendirikan harian Utusan Hindia. Harian Utusan Hindia sangat tajam mengecam pemerintahan kolonial.

Tjokroaminoto juga berjasa memperjuangkan terbentuknya DPR dengan anggota-anggotanya yang terdiri dari orang-orang pilihan rakyat.

Konsep pemikirannya adalah ‘Sosialisme dan Islam’. Dia adalah guru dari tiga nama besar: Sukarno, Semaoen, dan Kartosoewirjo.

sumber: detik.com

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini