by

Pemilu Harus Sesuai Amanat Pancasila, Hamdan Zoelva: Sekarang Sudah Sangat Liberal

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

KedaiPena.Com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva mengingatkan, agar penyelenggaraan pesta demokrasi di Indonesia dapat sesuai dengan yang dikehendaki para founding fathers sesuai amanat  pancasila.

“Saya ingin kembali kepada hal-hal yang sangat mendasar mengenai pemilu kita ini, sebagaimana yang dikehendaki oleh para founding fathers yang diamanatkan dan tercermin dalam falsafah pancasila,” kata Hamdan diskusi Menyoal RUU Tentang Pemilu dan Prospek Demokrasi Indonesia, Selasa, (9/6/2020).

BACA JUGA:   25 Agustus 2020 Kajian Islam Dan Konstitusi Bersama Dr. H. Hamdan Zoelva

Hamdan mengungkapkan, saat ini ada keresahan di kalangan para tokoh, para ilmuwan dan akademisi bahwa politik Indonesia sudah jauh menyimpang dari falsafah bangsa kita yang paling mendasar.

“(Sekarang) sudah jauh sangat liberal dan ini ini dikhawatirkan akan mengantarkan bangsa kita kepada arah yang semakin jauh dari cita-cita pendirian bangsa kita,” tegas Hamdan.

Hamdan menilai, kekhawatiran itu ada benarnya lantaran memang semakin hari dari pemilu ke pemilu sejak tahun 2004, pemilu kita semakin sangat liberal.

BACA JUGA:   Ketika Dua Mantan Prihatin terhadap Negeri Ini

“Kalau kita membuka kembali apa-apa yang diperdebatkan ketika Pancasila itu dirumuskan oleh para founding fathers, saya ingin mencatat dua pandangan yang sangat penting, yang memiliki pandangan yang sama di antara dua tokoh bangsa kita, yaitu proklamator kita dwitunggal Soekarno dan Hatta,” tandas Hamdan.

Laporan: Muhammad Lutfi

sumber: kedaipena.com

News Feed