RUU HIP Tak Menempatkan Pancasila dalam Kehidupan Bernegara

by admin
5 views

JAKARTA — Para tokoh hukum menilai Rancangan Rencana Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) tidak menempatkan Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan berbangsa. Padahal, sejatinya Pancasila harus menjadi payung bagi negara.

Mantan Ketua Mahkamah Konstiusi (MK), Hamdan Zoelva mengatakan, RUU HIP yang saat ini sedang dibahas DPR RI, tidak memiliki kerangka berpikir yang jelas.

“Pembahasan RUU HIP tidak menempatkan Pancasila sebagai pardigma pokok dalam kehidupan bernegara,” papar Hamdan pada diskusi melalui Zoom meeting bertajuk ‘Dasar Negara dalam Perpektif Indonesia Masa Depan’ di Jakarta, Sabtu (6/6/2020).

BACA JUGA:   Hamdan Zoelva Desak Pembuat UU Tetapkan Agenda Pemilu Permanen Setiap Pelaksanaan Pemilu

Dia menegaskan, Pancasila merupakan filosofi dasar bernegara yang menjadi haluan dari aspek ekonomi, hukum, dan politik.

“Pancasila diambil dari kepribadian nilai-nilai bangsa Indonesia, pembahasan tentang Pancasila tidak berhenti di tanggal 1 Juni,” ujarnya.

Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun menambahkan, Pancasila merupakan dasar negara, dan yang harus berpancasila terlebih dahulu adalah pemerintah.

BACA JUGA:   Hamdan Zoelva kembali Terpilih jadi Ketum Syarikat Islam, Sekjen PBB: Selamat

Negara harus menjalankan fungsinya berdasarkan nilai-nilai Pancasila, sementara masyarakat patuh terhadap hukum dan perundang undangan.

Pancasila, tidak boleh menjadi alat pemukul bagi kekuatan atau kelompok yang berbeda dengan pemerintah.

sumber: cendananews.com

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini