by

Momen Langka Presiden Soekarno dan Haji Agus Salim Berjalan Bersama di Pengasingan Dekat Danau Toba

Print Friendly, PDF & Email

RIAU24.COM –  Untuk meredam pengaruh, para pejuang kemerdekaan Indonesia seperti Ir Soekarno juga Haji Agus Salim kerap diasingkan. Dengan begitu penjajah Belanda berharap tidak ada lagi pergolakan yang meminta kemerdekaan.

Akun instagram @potolawas sering berbagi foto momen Presiden Soekarno saat dipengasingan. Bahkan Ir Soekarno pernah diasingkan bersama sejumlah tokoh lainnya seperti Haji Agus Salim di Parapat, Sumatera Utara (Sumut).

“Bungalow/rumah tempat pengasingan Pak Karno, Sutan Sjahrir dan H. Agus Salim di Parapat di tepian Danau Toba, Simalungun Sumatra Utara, sekitar 1920(atas), 1949(bawah). Rumah pengasingan yang kecil di Parapat itu juga menjadi saksi kehidupan para pemimpin republik yang tidak selalu harmonis. Seperti diakui Bung Karno sendiri, dirinya kerap bertengkar dengan Sjahrir,” tulis @potolawasofficial.

BACA JUGA:   Sarekat Islam Bandung Dilarang Ikut Campur Urusan Masjid

“Rumah pengasingan Bung Karno di Parapat masih berdiri megah. Di dalam rumah nan indah itu tersimpan foto-foto Bung Karno, Sjahrir, dan Haji Agus Salim semasa di Parapat. Rumah tersebut masih terawat baik,” tutup @potolawasofficial.

Langsung saja netizen atau warganet memberikan komentarnya dan banyak yang tidak menyangka dengan foto itu. @koetjing_bersaroeng: “Semoga corona segera berakhir, ingin rasanya berkunjung ke tempat itu.”

BACA JUGA:   16 Oktober 1905: Kontroversi Kelahiran Sarekat Islam dan Hari Kebangkitan Nasional

@|ook4361: “Kog baru tau ada tempat pangasingan si Bapak disana. a|amat betah itu mah.”

@diponasution: “Sekarang tempatnya sudah tidak seperti itu Iagi, disebelah nya sudah banyak hotel-hotel dan bangunan lain yg memadati kawasan tersebut.”

@ro_nau|i24: “Tempat pengasingan pak Presiden Bung Karno selalu mempunyai view yg bagus, krn lokasinya di atas bukit. Saya pernah foto di diluar bungalow viewnya bagus sekali Iangsung menghadap ke Danau Toba.”

sumber: riau24.com

News Feed