by

Hari Perlindungan Anak Se Dunia, Aktifis Muslim Jabar Gelar Kegiatan Melukis di Rumah yang Libatkan Anak SD

Print Friendly, PDF & Email

Kegiatan tersebut melibatkan Ratusan Sekolah Dasar di Jawa Barat yang dilakukan di rumah masing-masing (Draw From Home)

Aktifis Muda SEMMI, Rizqi Fathul Hakim mengatakan, kegiatan ini bersinergi dengan Bareskrim Polri dengan mengusung tema ‘Anak Indonesia Melawan Covid-19’.

Kegiatan melukis ini juga bertujuan sebagai upaya pemulihan trauma (trauma healing) bagi anak-anak selama Pandemi Covid- 19 menghantam bangsa Indonesia.

“Harapan kami dengan kegiatan melukis ini, anak-anak akan terbantu untuk melupakan emosinya. Mengutip penjelasan seorang pakar Art Therapist Indonesia, Ardhana Riswarie, metode ini sudah lazim digunakan sebagai salah satu metode untuk pemulihan trauma (trauma healing) korban bencana di berbagai tempat di dunia terutama untuk anak-anak,” kata Rizqi Fathul, Selasa (2/6).

Selain persoalan terapis, kegiatan ini dikombinasikan dengan Charity (Amal) untuk membantu masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 dengan cara melelang hasil lukisan anak-anak.

Adapun kegiatan lelang dan pameran lukisan anak akan diselenggarakan pasca pandemi.

BACA JUGA:   PB SEMMI: Dirgahayu Republik Indonesia ke-76

Sementara itu Aktifis PERISAI, Dinal Gusti menuturkan anak-anak adalah salah satu kelompok masyarakat yang cukup rentan terpapar Covid-19.

Berdasarkan data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), ada sekitar 800 anak Indonesia yang terpapar covid-19.

“Kami berharap seluruh elemen bangsa memberikan perhatian yang serius atas nasib anak-anak Indonesia. Bagaimana pun, anak-anak adalah calon penerus perjuangan bangsa. Dalam situasi pandemi ini, kita berkewajiban melindungi mereka dari krisis, menjaga gizi mereka dan juga pendidikannya,” pungkasnya.

BACA JUGA:   SEMMI Sulbar: Selamat Milad ke-55 KOHATI

Dalam kegiatan ini, SEMMI dan PERISAI mengapresiasi Kabareskrim Polri, Komjen Pol Listyo Sigit yang telah memberikan dukungan
tethadap kegiatan ini.

Dukungan tersebut merupakan bukti konkrit kepedulian Polri terhadap kondisi anak-anak Indonesia khususnya selama Pandemi terjadi.

“Dengan adanya kegiatan melukis ini, pesan-pesan bahaya Covid- 19 dan juga upaya mitigasi pandemi akan lebih mudah dicerna dan diterima anak-anak Indonesia. Dan kami pun berharap elemen pemuda dan juga pemerintah pun memiliki kepedulian dan konsentrasi yang sama sebagaimana yang telah kami perbuat,” tutup Rizqi yang selaku Aktifis Muda SEMMI.

(pojoksatu)

sumber: nkriku.com

News Feed