by

Peran SYARIKAT ISLAM sebagai Penggagas PANCASILA

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

PW Pemuda Muslim
Sulawesi Tengah
—————————
SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA
01 juni 2020
Peran SYARIKAT ISLAM sebagai Penggagas PANCASILA
—————————
Dari 9 tokoh BPUPKI atau disebut tim sembilan yang diberikan wewenang untuk menyempurnakan naskah Pancasila yang kita nikmati sampai sekarang ini, ada sosok sentral yang merupakan murid langsung atau pernah ditempa oleh HOS Tjokroaminoto, yakni presiden pertama Ir. Soekarno. Hal tersebut dibuktikan dari beberapa buku yang ditulis oleh Soekarno perihal pemikiran nasionalisme yang ia miliki merupakan bentuk dari banyaknya ia berdiskusi dengan HOS Tjokroaminoto.
Selain Soekarno yang merupakan murid langsung dari HOS Tjokroaminoto, dalam perjalanan kelahiran Pancasila terdapat 2 tokoh lain yang juga masuk kedalam tim sembilan adalah tokoh Sarekat Islam, yakni H. Agus Salim dan Abi Kusno Tjokrosudjoso.
Dari hal di atas, telah jelas bahwa dalam momentum kelahiran Pancasila, tokoh Sarekat Islam memegang peran penting. Bukan hanya Pancasila, spirit nasionalisme serta semangat persatuan dan kesatuan pun kerap kali dimunculkan oleh Sarekat Islam.
Selain kontribusi pihak lain (dalam hal ini diluar Sarekat Islam) dalam melahirkan bangsa dan negara ini, karena bagi semua elemen bangsa saat itu berperan dalam kelahiran bangsa dan negara dengan kontribusi yang berbeda-beda.
Kami hanya ingin agar kita tidak sekali-kali melupakan sejarah perjuangan bangsa, agar kita tidak seenaknya dalam mengurus bangsa ini, agar kita menghormati semua kontribusi yang diberikan oleh founding father untuk lahirnya bangsa ini, semua untuk mengingatkan kembali memori kolektif kita terhadap kondisi kebangsaan dahulu.
sumber: facebook.com/pmi.sulteng.125
BACA JUGA:   Silaturahmi Para Ketua Umum OKP Islam di Cafe Jail Brake Coffee Ervan Taufiq (Ketum PB Pemuda Muslim)

News Feed