by

Nasional Mantan Ketua MK: Pelonggaran PSBB tak Bikin Ekonomi Berputar

Print Friendly, PDF & Email

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva mengatakan pelonggaran PSBB akan meningkatkan penularan Covis-19. Tidak hanya itu, pelonggaran PSBB pun tidak akan membuat ekonomi berputar.

“Kebijakan PSBB serba tanggung,” kata Hamdan melalui watsapp, dengan Republika.co.id, Kamis (21/5)

Dijelaskannya, kondisi penyelesaian Covid-19 yang semakin panjang membuat sulit diharapkan ekonomi tumbuh. Menurutnya, pelaku usaha juga tidak akan berani untuk sepenuhnya membuka usahanya. “Belum lagi, negara-negara lain juga tidak akan berani ke Indonesia dan pebisnis dari Indonesia pun tidak akan dapat diterima negara lain karena masih tingginya penularan covid19 di Indonesia,” papar Hamdan.

BACA JUGA:   Kapolda NTB Perkuat Gerakan Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru saat Pimpin Apel Tiga Pilar di Bima

Seharus pemerintah mengambil kebijakan tegas saja sehingga penularan lebih cepat dikendalikan. Bukannya malahan melakukan tarik ulur kebijakan yang tidak menentu. Penularan virus Covid, menurut Hamdan, tidak akan berhenti tanpa intervensi kebijakan negara yang lebih ketat.

“Kita menyaksikan data statistik menunjukkan terus terjadi peningkatan penularan, bahkan hari ini penularan tertinggi terjadi. Lalu, kenapa harus berpikir pelonggaran ketika penularan masih tinggi,” kata Hamdan.

BACA JUGA:   Sistem Proporsional Tertutup Dinilai Bisa Tekan Tingginya Biaya Politik

Ia khawatir dalam masa lebaran ini terjadi peningkatan lebih tinggi lagi. Mobilitas orang dari daerah merah ke daerah terus terjadi, Ini akan membuat penularan semakin meningkat.

sumber: republika.co.id

News Feed