by

Gagal Kelola Bansos Ditengah Covid-19, Juliari Harus di Ganti

Print Friendly, PDF & Email

RadarKotaNews, Jakarta – Carut marut bantuan sosial (Bansos) ditengah pandemi Covid-19 dan pemberlakuan pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) pada sejumlah daerah mendapatkan kecaman keras dari sejumlah elemen masyarakat, termasuk dari kalangan mahasiswa.

Hal tersebut terlihat dari puluhan spanduk yang dibentangkan oleh Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) dan Pertahanan Ideologi Syarikat Islam (PERISAI) yang isinya meminta Presiden RI Joko Widodo untuk mengganti Menteri Sosial RI yang tersebar di titik strategis Jakarta.

Seperti yang ditemui oleh awak media di jalan proklamasi, terdapat dua spanduk yang bertuliskan copot menteri sosial Juliari P Batubara karena gagal mengelola bansos pandemi Covid-19 dan spanduk yang bertuliskan Ganti dan Adili Juliari P Batubara Karena Melanggar Aturan PSBB, Maklumat Kapolri dan Instruksi Presiden.

Mengenai spanduk tersebut dibenarkan oleh Ketua umum SEMMI Jakarta Pusat, Senanantha, saat dikonfirmasi melalui telepon. Mahasiswa Universitas Nadhatul Ulama Indonesia (UNUSIA) ini mengatakan penyebaran puluhan spanduk yang dilakukan SEMMI dan PERISAI sebagai penyampaian aspirasi dimuka umum yang telah diatur dalam undang-undang no 9 tahun 1998.

BACA JUGA:   50 OKP Bacakan Ikrar Resolusi Pemuda 2020, Dukung Kinerja Jokowi-Maruf

“Kami menduga Menteri sosial bapak Juliari P. Batubara tidak mampu dalam membantu Presiden RI dalam penanganan percepatan virus corona. Hal itu dibuktikan dengan carut marutnya penyaluran bansos yang dapat kita temui disejumlah daerah Indonesia. Bukan hanya ibu kota Jakarta, padahal anggaran bansos Covid19 senilai 110 triliun,” kata Sena, Sabtu (9/5/2020).

Sena melanjutkan sejumlah masalah bantuan sosial yang dikelola kementerian sosial diantaranya, terdapat penerima bantuan sosial yang tidak tepat sasaran dan tidak sesuai dengan isi bantuan yang di harapkan Jokowi “sangat berbeda dengan yang di luncurkan pertama di gudang Pulogadung” utamanya penerima Bansos di pinggiran Jakarta, kemudian data penerima bansos yang tumpang tindih hingga dugaan penyelewengan bansos Covid-19.

BACA JUGA:   PB SEMMI: selamat hari pahlawan 2020

“BPK RI mempunyai temuan terhadap penyaluran bantuan sosial yang dilakukan oleh Kementerian Sosial. Untuk itu, kami mendukung secepatnya bapak Presiden Jokowi melakukan pergantian menteri sosial agar penyelesaian penanganan percepatan pandemi Covid-19 bisa berjalan dengan baik,” tegasnya.

Sena mengungkapkan spanduk yang tersebar dibeberapa titik Jakarta, dapat dilihat, sekitar Jl Widya Chandra IV No 18, Jakarta Selatan, Taman Pandang Istana Negara, Jl Diponegoro Jakarta Pusat, Jl Salemba raya Jakarta Pusat, Jalan Haji R. Rasuna Said, Kuningan didepan kantor DPP KNPI, Lampu merah matraman, Jakarta Timur, dan Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan.(fy)

sumber: radarkotanews.com

News Feed