by

Ada Dapur Umum Kemanusiaan Covid-19 di Menteng, Beragam Makanan Siap Saji Disiapkan untuk Buka Puasa

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) membuka dapur umum kemanusiaan Covid-19.

Sebelumnya, dapur umum kemanusiaan Covid-19 PB SEMMI didirikan tepat di depan Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kini, dapur umum kemanusiaan Covid-19 PB SEMMI berlokasi di Jalan Taman Amir Hamzah Nomor 2Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Mengenai dapur umum kemanusiaan Covid-19 tersebut dijelaskan oleh Ketua Umum PB SEMMI Bintang Wahyu Saputra.

“Dapur Umum Kemanusiaan ini terlaksana atas bantuan dari Satgas Lawan Covid-19 DPR RI,” ucapnya saat tinjau dapur umum kemanusiaan Covid-19 SEMMI kedua, Selasa (5/4/2020).

Ia menambahkan aksi sosial kemanusiaan ini juga menggandeng Pimpinan Pusat Pertahanan Ideologi Sarikat Islam (PP PERISAI).

Selain itu turut serta menggandeng Dewan Pengurus Pusat Serikat Pelajar Mahasiswa Islam (DPP SEPMI), hingga Satgas Covid-19 Syarikat Islam.

“Alhamdulillah kami sudah mempunyai 2 Dapur Umum Kemanusiaan Covid-19 yang membagikan makanan siap saji untuk berbuka puasa selama bulan Ramadan”

“Insya Allah rencananya kedepan kami akan menambahkan jumlah dapur umum agar terdapat disetiap kota wilayah Jabodetabek, “jelas Bintang.

Dikatakannya, makanan siap saji untuk berbuka puasa disalurkan kepada mahasiswa asal daerah yang kuliah di Jakarta serta masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Bahkan dikhususkan juga untuk para pekerja harian yang mendapatkan uang di lapangan baik ojek online, sopir bajaj, supir taksi hingga pedagang keliling.

“Setelah melakukan pendataan, kami meminta perwakilan para mahasiswa perantau yang tinggal di asrama atau tempat kost”

“Jadi bagi yang tidak punya alat masak setiap hari untuk ambil makanan siap saji di dapur umum. Kami pun juga membagikan kepada masyarakat yang lewat didepan dapur umum,” tuturnya.

Ia pun mengucapkan rasa terima kasih kepada Satgas Lawan Covid19 DPR RI telah bantu pembentukan dapur umum.

“Satgas Lawan Covid19 DPR RI telah menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat, khususnya mahasiswa”

“DPR RI juga sangat aktif dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, baik memberikan APD kesejumlah rumah sakit hingga membentuk 20 Dapur Umum diJabodetabek” tukasnya.

Ia menjelaskan, aksi sosial kemanusiaan yang dilakukan oleh PB SEMMI dalam membantu pemerintah menekan penyebaran virus corona.

Bukan hanya membuka dapur umum, tetapi juga melakukan penyemprotan disinfektan pada pemukiman padat penduduk.

Selain itu juga melakukan pembagian sembako hingga memberikan edukasi kepada masyarakat secara langsung dengan menghampiri rumah masyarakat dan asrama serta kost mahasiswa.

“Ke depan, kami juga berencana membuat tournamen mobile legend (E-Sport) memperebutkan piala di rumah aja, agar masyarakat, khususnya anak muda nyaman dan senang beraktivitas dirumah”

BACA JUGA:   Cipayung Plus DKI Jakarta: Tolak Omnibus Law Cipta Kerja!

“Untuk wujudkan agenda tersebut, kami siap bekerja sama dengan pihak manapun secara gotong royong demi keselamatan nyawa kita dari ancaman virus corona,” tambahnya.

Mahasiswa Perantauan di Jakarta Mendapat Bantuan Sembako, Disinfektan Hingga Kuota Internet

Di tengah wabah virus corona atau Covid-19, sejumlah mahasiswa asal daerah atau mahasiswa perantauan mendapat bantuan.

Bantuan-bantuan ini, bagi mahasiswa perantauan yang sedang kuliah di sejumlah perguruan tinggi di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Diketahui, bantuan untuk mahasiswa asal daerah ini, diberikan Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Bantuan dari Listyo Sigit Prabowo akan diberikan melalui Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI).

Kemudian, melalui PB SEMMI bantuan tersebut langsung disalurkan kepada mahasiswa-mahasiswa asal daerah atau mahasiswa perantauan di Jakarta dan sekitarnya.

Melalui anggota Bareskrim Mabes Polri, Iptu Fahat Bafadal, mengirimkan bantuan 700 paket sembako, masker, alat penyemprot dan cairan disinfektan hingga kuota internet.

Bantuan tersebut dipergunakan untuk kegiatan belajar dari tempat tinggal, karena kegiatan kampus diliburkan akibat pandemi Covid-19.

Bantuan tersebut, diterima pihak PB SEMMI, bersama ketua bidang organisasi dan infrastruktur DPP Syarikat Islam Chandra Halim dan Sekretaris Pimpinan Pusat Pertahanan Ideologi Syarikat Islam Harjono (PP PERISAI), di Jalan Taman Amir Hamzah, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

“Sejumlah bantuan yang telah diberikan langsung kami salurkan ke asrama mahasiswa yang ada di Jakarta, yang juga ada kader dan pengurus PB SEMMI di sana”

“Sikap humanis dan kepedulian dari Bareskrim Polri membantu teman teman kami para mahasiswa yang sedang merantau dan terdampak Covid-19,” papar Ketua Umum PB SEMMI Bintang Wahyu Saputra, kepada wartawan, Selasa (28/4/2020).

Bintang yang saat itu serahkan bantuan ke Kordinator dapur kemanusiaan Covid-19m Bima Rizki, di Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, mengatakan Bareskrim juga mengirimkan 300 paket bantuan.

300 paket bantuan itu oleh PB SEMMI Bogor Raya di Sekretariat SEMMI Bogor Raya, Jalan Duta Purnama Blok B5 RT 004 RW 011, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Sejumlah mahasiswa asal daerah atau mahasiswa perantauan di Jakarta mendapat bantuan dari Bareskrim Polri yang disalurkan oleh PB SEMMI.
Sejumlah mahasiswa asal daerah atau mahasiswa perantauan di Jakarta mendapat bantuan dari Bareskrim Polri yang disalurkan oleh PB SEMMI. (Istimewa)

Diketahui 300 paket bantuan langsung diterima oleh Ketua Bidang Kajian Strategis PB SEMMI, Rizki Fathul Hakim.

“Total bantuan yang kami terima semuanya 1000 paket. Untuk itu kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo”

“Telah berikan perhatian dan bertindak humanis ke para mahasiswa yang sulit terjangkau dari data penerima bantuan melalui RT/RW”

“Karena tidak mempunyai KTP sesuai dengan domisili tempat tinggal mereka,” kata Bintang.

BACA JUGA:   Silaturahmi Presiden Dan Pengurus OIC Youth Indonesian / Pemuda OKI di PB SEMMI

Bintang menambahkan jika bantuan tersebut juga dipakai untuk menambah logistik dapur kemanusiaan Covid-19 yang didirikan oleh PB SEMMI Tangerang Selatan.

Hal itu untuk membantu mahasiswa perantauan sekitar Tangerang yang teletak di depan Universitas Pamulang.

“Banyak mahasiswa Perantauan yang tinggal di asrama atau sekretariat organisasi yang tak miliki perlengkapan masak”

“Jadi, kami membantu mereka dengan makanan siap saji setiap hari, setiap pukul 18.30 WIB, dan ini membantu mereka apalagi saat ini bulan Ramadan, ibadah puasa,” ungkapnya.

Di tempat berbeda, mahasiswi perantauan asal Lamongan, Jawa Timur, Cyntia Nurislah Oktaviani, akui selama ini dirinya belum menerima bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah.

Hal itu dikarenakan berhuni di indekos dan berdampak ia dan teman-temannya luput dari pendataan dilakukan RT/RW sebagai penerima bantuan sosial (bansos).

“Dikarena proses belajar dari rumah akibat dari virus corona, kami harus membeli kuota internet dan ini menyebabkan uang saku kami untuk makan sehari hari berkurang”

“Semoga bantuan yang kami terima hari ini berkelanjutan agar kami terus bisa belajar dari asrama dan bertahan hidup walaupun jauh dari rumah”

“Terima kasih PB SEMMI dan Bareskrim Polri atas perhatian dan bantuannya kepada kami,” katanya mahasiswa jurusan hukum Universitas Pamulang (UNPAM) ini.

Senada dengan rekannya, yang juga mendapatkan bantuan.

Mahasiswa asal Provinsi Jambi, Rohmanil Azmi, mengatakan Bareskrim Polri menunjukkan sikap gotong royong dalam melakukan pencegahan pandemi Covid-19.

Sebab, hal itu sudah sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi.

Ia menambahkan tindakan Bareskrim Polri sangat membantu mahasiswa perantauan yang luput dari pendataan penerima bansos.

Baik bansos dari pemerintah pusat maupun daerah, maka bantuan Bareskrim ini sangat membantu mahasiswa dalam menjalankan kehidupannya sehari hari.

“Besar harapan kami Bareskrim Polri melanjutkan aksi kepedulian ini secara berkelanjutan. Bantuan yang kami terima juga telah membuktikan bahwa Polri  makin dekat dengan masyarakat dan ini harus dipertahankan”

“Atas bantuan sembako dan quota internet yang diberikan melalui PB SEMMI kami ucapkan terima kasih,” kata mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Nadhatul Ulama Indonesia (UNUSIA) Jakarta ini.

Bantuan yang diterima PB SEMMI dari Bareskrim Polri juga disalurkan kepada Pimpinan Pusat Pertahanan Ideologi Syarikat Islam (PP PERISAI).

Selain itu turut disalurkan ke pihak Satgas Covid19 Syarikat Islam dan masyarakat sekitar asrama atau sekretariat mahasiswa yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah. (CC/Wartakotalive.com)

Editor: Panji Baskhara

sumber: wartakota.tribunnews.com

News Feed