by

Tjokroaminoto Hipnotis Ratusan Mahasiswi

Print Friendly, PDF & Email

SOLO, JITUNEWS.COM – Aktor film “Guru Bangsa Tjokroaminoto”,  Reza Rahadian dan artis senior Christine Hakim membuat kagum ratusan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu, 11 Maret 2015. Acara yang berlangsung di Graha Saba Pramana tersebut sekaligus Kongres Pemuda 2015 dan pengenalan film Guru Bangsa Tjokroaminoto, yang tayang 9 April 2015. Selain Reza dan Christine, vokalis Letto  Sabrang Mowo Damar Panuluh atau yang dikenang dengan nama Noe juga ikut dalam Kongres Pemuda tersebut.

Christine Hakim yang didaulat memberikan sepatakah kata tentang Sang Guru Bangsa Tjokroaminoto, mengatakan, saat ini nama Tjokroaminoto hanya dikenal dengan nama jalan atau suatu tempat. Pemeran Cut Nyak Dien ini juga mengajak mahasiswa untuk mengenal lebih dekat Tjokroaminoto, salah satunya dengan menonoton filmnya.

BACA JUGA:   4 Lirik Lagu Perjuangan dan Surabaya Jadi Kota Pahlawan

“Ironis memang, banyak yang tidak mengenal sosok Tjokroaminoto, selain nama jalan. Padahal Tjokroaminoto adalah tokoh bangsa” terangnya.

 Hal senada diungkap Noe, nak dari Emha Ainun Nadjib, pemilik Kiyai Kanjeng tersebut mengungkapkan, Tjokroaminoto bukan hanya sekedar pemersatu bangsa, lebih dari itu adalah seorang mencintai dengan tulus saudara dan negaranya. “Tjokroaminoto itu cintanya bukan hanya anak atau istrinya, tapi cintanya adalah Nusantara ini. Itulah sosok dari Tjokroaminoto” ujar Noe.

Tepuk tangan membahana dari ratusan mahasiswa saat Reza diminta untuk memberikan pandangan tentang pemuda serta Tjokroaminoto. Sambil berdiri mereka menyebut nama Reza, bahkan beberapa suara wanita dibagian kursi tengah terdengar histeris. Reza mengajak mahasiswa di Yogyakarta meneladani semangat kebangsaan H.O.S Tjokroaminoto.

BACA JUGA:   5 Pahlawan Nasional Ini Diabadikan Kisah Hidupnya Lewat Film

“ Saya lihat pemuda sekarang banyak yang apatis terhadap bangsanya sendiri. Hal ini terlihat dari mereka yang lebih membanggakan sekolah luar negeri dibanding dan tanpa ingin mengabdi kepada tanah airnya,” papar Reza.  Pria berambut ikal juga mengatakan, semangat pemuda saat ini beda saat Tjokroaminoto yang menghabiskan masa mudanya dengan berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Kongres Pemuda ini diikuti perwakilan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Islam Indonesia, , Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, UPN Veteran Yogyakarta serta Akademi Pertanian Yogyakarta. (anwar mustafa/ Koran Jitu)

Penulis : Ali Hamid

sumber: jitunews.com

News Feed