by

Melambatnya Jawa Timur dan Mencari Kelemahan Covid-19

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Ketua Umum Pengurus Wilayah SEMMI (Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia) Abdullah Amas menegaskan membatalkan semua agenda di Surabaya.

Zona Merah Corona atau Covid-19 di Jawa Timur mengenai Surabaya dan Malang

Kapolda Jatim Luki Hermawan pun turun langsung di Kota untuk membubarkan tempat-tempat yang masih jadi tempat cangkruan

Kantor operasional PW SEMMI Jawa Timur dipindahkan ke Bangkalan yang tadinya bertempat di area dekat Tunjungan Plaza Surabaya.

Zona Merah juga membuat beberapa Mesjid Besar menutup kegiatan Sholat Jum’at sementara waktu

Abdullah Amas, yang juga Ketua Tim Media Centre Siaga Covid-19 PW SEMMI Jawa Timur menyebut bahwa pandemi ini akan membuat situasi sulit sampai dua atau tiga bulan kedepan

Kerasnya PW SEMMI Jatim menolak berkegiatan di zona merah juga diikuti dengan tidak jadi hadirnya SEMMI Jatim dengan pertemuan lintas elemen di Grahadi menolak Omnibuslaw.

“Sebisa mungkin kita tidak keluar, apalagi lebih keras lagi kita tekankan untuk tidak datang ke daerah zona merah covid-19 yaitu Malang dan Surabaya”ujar Abdullah Amas

Kelemahan virus covid-19

Sementara itu kelemahan virus covid-19 dibahas di sebuah grup whatshapp, begini bunyinya :

Baca yaa… bagus nih buat menenangkan diri 👇

Wawancara singkat melalui wa dengan Dr. JL di tgl 7 maret 2020 di group alumnus salah satu smp sma di Bandung angkatan 86

Biodata singkat:
Dr. JL
Dokter di Bandung.
S2 di microbiology.
Dosen immunology, virology, infeksi saluran nafas, dll di salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung.

Corona virus sdh ada sejak zaman dahulu. Selama puluhan tahun ini tidak ada seorang ilmuwan pun yg mau bikin vaksin utk coronavirus sbb pada dasarnya infeksi oleh coronavirus adl _self limiting disease_… artinya sembuh sendiri <7hari. Kebetulan saya ngasih kuliah ttg coronavirus sdh sejak 1995… so sedikit2 tahu-lah mengenai coronavirus.

BACA JUGA:   Tjokroaminoto 1916 (Zelfbestuur)

Q: Kalo yg covid 19 ini juga 7 hari? Lebih kan?

A: Sama 7 hari

Q: Ooh jd mulai dr radang tenggorokan sampe pnumonia sampe sembuh 7 hari

A: Yg bikin pneumonia nya pneumococcus (atau bbrp mikroba lain, namun yg utama adl pneumococcus)… bukan corona nya.
Anjurannya adl utk orang2 usia lanjut, vaksinasi pneumococcus.

Q: Pneumococcus kan bakteri ya

A: Iya. Infeksi sekunder

Q: Sama antibiotik mati kan

A: Pneumococcus mati sama penicillin

Q: Hmm kalo pneumococcusnya bisa mati krn antibiotik knp koq malah bikin kematian ke manusia ya

A: Org yg mati itu adl yg ada masalah di paru2. Misalnya perokok berat, asma kronis, dll. Sehingga walaupun pneumococcus nya mati tetapi dahak yg membanjiri paru2nya ga bisa keluar. Mengental/memadat sehingga gagal nafas dan mati

Q: Ooh jd kalau emang ngga ada masalah dgn paru parunya orng yg kena covid 19 itu tdk akan mati krn infeksi sekunder

A: Gak akan mati…
>98% akan sembuh spontan tanpa obat apapun.

Q: Jd intinya covid 19 sendiri tdk akan bisa membunuh secara langsung, yg membunuh itu infeksi sekundernya dr pneumococcus yg sebenarnya  bisa dimatikan dgn penicillin

A: Yup

Q: menurut beberapa warta media, bukan hanya paru-paru yang diserang oleh covid-19, organ tubuh lainnya seperti ginjal pun disasar. Kelompok resiko tinggi adalah orang yang memiliki riwayat penyakit kronis seperti bronchitis, gangguan ginjal, tekanan darah tinggi, dsbnya.

BACA JUGA:   PW SEMMI Aceh apresiasi @semmi_langsa Terus Berbuat Di Bawah Kepemimpinan @wahyu.ramadana_

A: Virus itu spesifik terhadap organ targetnya. Misalnya virus hepatitis itu spesifik hanya bisa nempel dan masuk dan multiplikasi di dalam sel hati. Virus HIV hanya bisa nempel dan masuk dan multiplikasi di dalam sel limfosit T helper. Dst.
Untuk virus corona, itu hanya bisa nempel dan masuk dan multiplikasi di dalam sel mukosa hidung. Mengenai Covid-19 bisa masuk ke dalam sel paru itu masih hipotesis, belum terbukti. Publikasi ilmuwan China mengenai genom Covid-19 disanggah oleh ilmuwan negara Barat yg sudah mendapat sampel Covid-19.
Secara teoritis, tidak mungkin suatu mutasi kecil bisa membuat virus corona (penyebab common cold) bisa tiba2 menginfeksi berbagai sel/organ di dalam tubuh manusia.
So, kalau ada kejadian multiple organ failure, maka itu kemungkinan besar disebabkan oleh banyak faktor lain.

Q: Wah terima kasih wawancara nya dgn dokter, kami sangat berterima kasih atas pencerahnnya dan waktunya utk berbagi info yg akurat.

Jd utk para perokok berat atau pengidap asma hati hati yaa, jgn sampe virus korona yg tdk mematikan jd bikin sengsara krn infeksi sekunder yg diperparah keadaan paru2 kita yg tdk baik . 🙏

Sahabat jd ngga perlu stok makanan dan masker sama sekali. Apalagi yg paru parunya sehat jangan cemas dan khawatir.

Usahakan untuk hidup sehat, makan makanan sehat dan teratur, berolahraga, tidur cukup dan berdoalah agar hati dan pikiran dapat tetap tenang dan terhindar dr stress. Semoga Tuhan melindungi negara kita dr wabah virus ini.

sumber: jurnalpubliksi.blogspot.com

News Feed