by

Daftar 6 Tempat Wisata di RI yang Ditutup Akibat Virus Corona

Print Friendly, PDF & Email

JAKARTA, SENAYANPOST.com – Virus corona Covid-19 menjadi perhatian serius Pemerintah Indonesia. Untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat Indonesia untuk beraktivitas di rumah.

Tak sampai di situ, Pemprov DKI Jakarta juga telah menutup beberapa tempat wisata guna menghindari meluasnya virus tersebut. Namun, selain Jakarta beberapa tempat wisata lainnya di Indonesia juga ditutup sementara waktu untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Berikut daftar tempat wisata di Indonesia yang ditutup sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

1. Monas

Selain Monas, Pemprov DKI Jakarta juga menutup beberapa tempat wisata di Jakarta lainnya juga ditutup, seperti Ancol, Kawasan Kota Tua, Dunia Fantasi, Taman Margasatwa Ragunan, Setu Babakan, Planetarium Taman Ismail Marzuki, dan lainnya.

2. Gunung Merbabu

Dari Jakarta kita bergeser ke Jawa Tengah, Gunung Merbabu menjadi salah satu tempat wisata yang juga ditutup sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Pihak Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menutup seluruh jalur pendakian dan tempat wisata alam di kawasan Gunung Merbabu terhitung sejak Minggu (15/3) pada pukul 18.00 WIB. Gunung Merbabu akan ditutup hingga 14 hari ke depan.

BACA JUGA:   Polemik R.A.A Wiranatakoesoemah V dengan Kaum Komunis

Penutupan tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor:440/0004942 pada 14 Maret 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19) di tempat-tempat umum. Selain Merbabu, beberapa tempat wisata di Jawa Tengah juga ditutup, seperti Taman Balekambang, Ketep Pass, Candi Mendut dan Candi Pawon, Museum Karst, Museum Sangiran dan masih banyak lagi. Total ada sekitar 40 tempat wisata yang ditutup sementara hingga 2 minggu ke depan.

3. Candi Plaosan

Candi Plaosan menambah daftar panjang tempat wisata yang ditutup sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Candi ini ditutup sementara pada 18-22 Maret 2020.

Candi yang dibangun pada abad ke-9 ini merupakan salah satu destinasi terpopuler di Jawa Tengah. Kompleks candi ini terbagi menjadi dua bagian, yakni Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Kedua candi ini memiliki teras segi empat yang dikelilingi dinding tempat bersemedi yang berbentuk gardu serta stupa di sisi lainnya. Karena kesamaan hal tersebut, Candi Plaosan kerap disebut sebagai candi kembar.

4. Museum Sepuluh Nopember

Selanjutnya ada Museum Sepuluh Nopember yang juga ditutup sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Museum yang terletak di Jalan Pahlawan, Kelurahan Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, ini ditutup selama 2 pekan, mulai tanggal 16-30 Maret 2020.

BACA JUGA:   Saat Agus Salim Jadi Intelijen Belanda & Memata-matai Sarekat Islam

Selain Museum Sepuluh Nopember, beberapa museum lain di Surabaya juga ditutup, seperti Museum WR Soepratman, Museum Surabaya, Museum HOS Tjokroaminoto. Museum DR. Soetomo, dan Museum Pendidikan.

5. Kawah Ijen

Masih di Jawa Timur, Kawah Ijen di Banyuwangi juga ditutup sementara untuk mengantisipasi virus corona. Kawah Ijen ditutup sementara terhitung 16 Maret 2020 hingga 29 Maret 2020, selama dua pekan ke depan. Tak hanya Kawah Ijen, Taman Nasional Alas Purwo, dan Taman Nasional Meru Betiri, juga ditutup sementara

6. Alun-alun Bandung

Terakhir, Alun-alun Bandung menjadi tempat wisata yang juga ditutup karena virus corona. Penutupan ini dilakukan setelah Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, mengeluarkan Surat Edaran nomor 443/SE.030-Dinkes yang salah satu poinnya menyebutkan untuk menutup sementara area publik di Bandung.

Beberapa tempat wisata yang ditutup adalah Alun-alun Bandung, Taman Kota, Museum Gedung Sate, Museum Konferensi Asia Afrika. Lalu, Observatorium Bosscha, Museum Kota Bandung, Kampung Korea Bandung, dan beberapa destinasi wisata lainnya.

sumber: senayanpost.com

News Feed