by

MTs Cokroaminoto Madukara Kab. Banjarnegara menyelenggarakan kegiatan “Prosesi Kenaikan Golongan Penggalang Rakit”

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Kepramukaan merupakan salah satu sarana dan metode pendidikan dengan sasaran akhir pembentukan mental, perilaku, serta kedisiplinan. Ciri khas dari Kepramukaan yaitu, PDK (prinsip dasar kepramukaan) dan MK (metode kepramukaan) yang dijalankan dengan sungguh-sungguh.

Dalam Kepramukaan, pendidikan dilakukan secara berjenjang dan berkelanjutan. Proses ini melalui uji SKU (Syarat Kecakapan Umum) sesuai golongan dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus) yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kenaikan tingkat atau Tanda Kecakapan Umum (TKU) serta mendapatkan Tanda Kecapakan Khusus (TKK) sesuai minat dan bidang keahlian.

Berdasarkan hal tersebut, Gerakan Pramuka Gugus Depan 04.204 – 04.205 yang berpangkalan di MTs Cokroaminoto Madukara Kab. Banjarnegara menyelenggarakan kegiatan “Prosesi Kenaikan Golongan Penggalang Rakit”, yang dibalut dengan Long March Uji TKK pada hari Sabtu, 7 Februari 2020.

BACA JUGA:   Kebangkitan Nasional versi Sarekat Islam

Longmarch start dari madrasah, finish di perbatasan Kecamatan Madukara (Plipiran) dan Kecamatan Pagentan (Larangan). Kegiatan tersebut menurut Kak Trimo Selaku Pembina dan tim kreatif, diikuti oleh 60 siswa.

Kak Subur Wahyudi,M.Pd mewakili Kamabigus MTs Cokroaminoto Madukara (Bu Tutut Widiasih,S.Ag,M.Pd) dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memotivasi pramuka penggalang agar dapat mengambil dan menerapkan nilai-nilai Dasa Dharma Pramuka dalam kehidupan sehari hari. Takwa kepada Tuhan memberikan arahan kepada kita untuk menjalankan segala perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya, Cinta alam mengajarkan kita untuk menjaga dan merawat lingkungan kita. Pramuka melatih diri untuk memiliki jiwa kemandirian,jiwa kepemimpinan dan menumbuhkan rasa disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu beliau mengapresiasi para pembina dan Pramuka Garuda yg telah merencanakan dan melaksanakan kegiatan sampai selesai. (SBe35)

BACA JUGA:   Unggul 66 Suara, Guntur Tompoh Jabat Ketua Koperasi TKBM 2020 – 2025
sumber: facebook.com/mtscokroaminoto.madukara

News Feed