by

PW Pemuda Muslim Indonesia Jabar Ingatkan Pemda agar Seriusi Tangani Korban Banjir Bandang

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Jabar, (MEDGO.ID) — Hampir sebulan pasca banjir bandang dan longsor di sebagian wilayah Kabupaten Bogor, bagian barat terutama, Kecamatan Sukajaya, Nanggung, Cigudeg dan Jasinga. Para korban masih belum mendapatkan perhatian yang maksimal dari pemerintah provinsi, kabupaten dan pusat.

Kondisi akses jalan menuju lokasi bencana yang masih sulit, menjadikan terhambatnya distribusi bantuan logistik masih dirasakan oleh masyarakat korban banjir bandang dan tanah longsor Kabupaten Bogor. Semua masyarakat mengeluhkan hal ini, terutama para korban bencana.

Ketua PW Penuda Muslim Indonesia Jawa Barat Asep Nuklir saat memberikan bantuan sosial kepada masyarakat korban banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Bogor

Saat rombongan PP Pemuda Muslim Indonesia, Wanita Syarikat Islam, Pandu Syarikat Islam dan Pimpinan Wilayah Pemuda Muslim Jawa Barat, Asep Nuklir saat mendatangi lokasi terdampak bencana banjir bandang dan tanah lonsor, pihaknya menyaksikan bagaimana bantuan saat didistribusikan secara tidak merata, itulah keluhan warga saat disambangi organisasi pemuda dibawah Syarikat Islam ini.

BACA JUGA:   Pemuda Muslim Sulteng dan Ketua KNPI Kota Palu bergerak dan berjuang bersama-sama

Asep Nuklir, lebih jauh menguraikan bahwa pasca bencana, kita berharap pemerintah melihat kebutuhan masyarakat secara komprehensif. Bantuan logistik mungkin bisa kita berbagi beban dengan para simpatisan dari berbagai kalangan, baik organisasi masyarakat, kepemudaan atau bahkan masyarakat umum lainnya yang sama peduli ikut membantu meringankan penderitaan dan beban hidup para korban bencana. Tapi persoalan kebutuhan primer lainnya yang tak kalah penting adalah hunian layak, para korban terdampak, yang rumahnya rusak parah, akibat bencana banjir bandang dan tanah longsor.

BACA JUGA :  Open Turnament Bidar Race Tahun 2020 Merupakan Penggalian Potensi Budaya Masyarakat Tepian Sungai
Tim PP Pemuda Muslim Indonesia dan PW Jabar, bersama Wanita Syarikat Islam serta Pandu Syrikat Islam saat melakukan bakti sosial dan memberilan bantuan kepada korban banjir bandang Kabupaten Bogor

Kami minta keseriusan pemerintah daerah untuk segera membuat barak atau hunian sementara bagi para korban, yang rumahnya saat ini rusak berat bahkan hilang hanyut terbawa arus banjir bandang. Kita tidak bisa mereka membiarkan mereka mengatasi sendiri. Sementara trauma pasca bencana masih terngiang dalam bemak, yang dalam atas kejadian bencana ini, mereka begitu merasakan dampaknya. Sementara, para korban dihantui dengan terkatung-katungnya penanganan relokasi, ke tempat yang aman dan lebih manusiawi, justru akan menambah penderitaan baru bagi para korban.

BACA JUGA:   Panitia MUSCAB Syarikat Islam Kabupaten Cianjur Mengadakan Audensi dengan Plt. Bupati Cianjur, Herman Suherman
Dampak krrusakan akibat banjir bandang dan tanah longsor Kabupaten Boogor (01/01)

Ketua PWPemuda Muslim Jawa Barat Asep Nuklir, yakin baik pemerintah kabupaten maupun provinsi serta pusat bisa bersinergi,dengan cepat mengalokasikan anggaran untuk kepentingan yang sifatnya darurat, urgent dan insidentil seperti ini. Tak bisa dibiarkan lama karena ini menyangkut hak dasar hidup warga negara dan ini menjadi bagian dari tanggung jawab negara dalam hal ini pemerintah. (Ridwan Mooduto)

sumber: medgo.id

News Feed