by

Merdeka berfikir melalui rancang usaha (produksi) sejak dini

Merdeka berfikir melalui rancang usaha (produksi) sejak dini

Pada materi Mata Pelajaran IPS kelas 7 ada kajian yang berkaitan dengan Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan. Sebagai sarana melatih anak berkaitan dengan aktifitas manusia dalam memenuhi kebutuhan tersebut, guru IPS MTs Cokroaminoto Madukara memberikan proyek untuk merancang sebuah usaha yang bisa dilakukan dengan keunggulan dan keterbatasan daerahnya masing-masing.

BACA JUGA:   Melihat Kongres Syarikat Islam 3 Maret 1913 Melalui Novel Student Hidjo

Memberikan kemerdekaan melalui penugasan ini, anak akan belajar berwirausaha sejak dini tidak hanya berorientasi pada uang, namun lebih untuk melatih kemandirian, dengan mengandalkan kreativitas pemikiran masing-masing. Melalui kreativitas anak dapat menciptakan dari yang semula tidak ada menjadi ada.
Untuk bisa kreatif, anak harus tumbuh dan berkembang dalam suasana yang aman dan bebas secara psikologis. Aman berarti anak tidak banyak dicela atau dikritik berlebihan oleh orang-orang di lingkungannya. Bebas dalam arti anak diberi kesempatan untuk melontarkan ide pemikiran dalam sebuah kelompok kecil, menuangkan dalam bentuk tulisan dan mempresentasikan dari proyek usaha yang dibuatnya tersebut. (y-tjo)

BACA JUGA:   Antisipasi Penyebaran Corona, Bupati Gorontalo Utara Liburkan Pelajar dan ASN

sumber: facebook.com/mtscokroaminoto.madukara

News Feed