by

Pengalaman belajar kepada Peserta Didik dalam hal mengenal lingkungannya.

Siswa siswi MTs Cokroaminoto Madukara pada jam pertama berhamburan keluar madrasah menuju halaman dan lingkungan sekitar.
Itulah pemandangan yang nampak sekilas yang memperhatikan dipagi tadi.
Setelah ditelisik,ternyata ada guru IPA bu Tri Mulyani,S.Pd yang mengajak siswa siswi kelas 7 A untuk memberikan pengalaman belajar
kepada Peserta Didik dalam hal mengenal lingkungannya.
Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan sebagai suatu habitat/tempat hidup bagi semua makhluk hidup yang diciptakan Allah SWT. Lingkungan hidup merupakan suatu kesatuan hidup antara kondisi fisik yang mencakup keadaan Sumber Daya Alam, seperti tanah, air, energi matahari, tumbuhan dan hewan yang tumbuh di atas tanah maupun
di dalam perairan.
Lingkungan hidup terdiri atas dua bagian, yakni lingkungan abiotik dan Lingkungan biotik. Lingkungan abiotik adalah segala sesuatu yang tidak ernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembapan, cahaya, dan bunyi.
Lingkungan hidup biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa, seperti tumbuhan, hewan, manusia, dan mikroorganisme (virus dan bakteri). Hubungan kehidupan dari lingkungan hidup digambarkan ekosistem. Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk dari hubungan timbal balik antara mahkluk hidup dengan lingkungannya.
Ekosistem dapat dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling
memengaruhi. Melalui kegiatan pembelajaran di luar ini, peserta didik dengan sendirinya dapat memahami lingkungan sekitar, mampu menjaga, melestarikan dan mampu memahami pola interaksi lingkungan yang ada dengan kehidupan manusia. (y-tjo)

sumber: facebook.com/mtscokroaminoto.madukara

BACA JUGA:   Di Al-Azhar Mesir, Din Syamsuddin Bahas Peran Ormas Islam Dalam Pembangunan di Indonesia

News Feed