by

MTs Cokroaminoto Madukara: Proyek Video Tutorial

Pada Materi Pelajaran IPS Kelas 9 semester 2 ini ada kajian terkait dengan Ekonomi Kreatif. Untuk menunjang dan memahami materi ini, peserta didik MTs Cokroaminoto Madukara merancang sebuah Video Tutorial. Dalam tahap pembelajaran awal ini, siswa diarahkan untuk menemukan ide dengan cara menganalisis berbagai aktivitas siswa dari pagi sampai menjelang tidur, kemudian ide tersebit dituliskan dibuku.
Penulisan ide dalam sebuah buku menjadi suatu yang penting, hal ini ditegaskan oleh ahli ekonomi Paul Romer (1993). Paul Romer menyatakan bahwa ide adalah barang ekonomi yang sangat penting, lebih penting dari objek yang ditekankan di kebanyakan model-model ekonomi. Di dunia dengan keterbatasan fisik ini, adanya penemuan ide-ide besar bersamaan dengan penemuan jutaan ide-ide kecil-lah yang membuat ekonomi tetap tumbuh. Ide adalah instruksi yang membuat kita mengkombinasikan sumber daya fisik yang penyusunannya terbatas menjadi lebih bernilai. Romer juga berpendapat bahwa suatu negara miskin karena masyarakatnya tidak mempunyai akses pada ide yang digunakan dalam perindustrian nasional untuk menghasilkan nilai ekonomi. Dengan dituliskan ide dalam sebuah kertas ini, akan melatih siswa untuk membiasakan memiliki kompetensi menulis.
Melalui proses pembelajaran pembuatan video tutorial ini diharapkan siswa memiliki ide yang lebih kreatif lagi untuk membuat video-video lain yang nantinya bisa menghasilkan untuk kehidupan nantinya, diantaranya bisa dibuat video untuk penawaran produk, penawaran wisata maupun lainnya.

Sebagaimana dinyatakan dalam sebuah buku bahwa, konsep Ekonomi Kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya. Struktur perekonomian dunia mengalami transformasi dengan cepat seiring dengan pertumbuhan ekonomi, dari yang tadinya berbasis Sumber Daya Alam (SDA) sekarang menjadi berbasis SDM, dari era pertanian ke era industri dan informasi. (y-tjo)

BACA JUGA:   PB SEMMI dan KNPI Bagikan 450 Makanan di Zona Merah Corona

sumber: facebook.com/mtscokroaminoto.madukara

News Feed