by

Indonesia Punya Banyak Tantangan

Jakarta: Perkembangan geopolitik dan pergeseran pusat grativitasi ekonomi dari Antartika ke Pasifik dinilai menjadi tantangan besar bagi Indonesia pada 2020. Fenomena itu terlihat dari perkembangan Tiongkok.

“Tantangan bisa menjadi ancaman dikaitkan dengan perebutan hegemoni seperti perang dagang antara negara-negara Adi Kuasa yang menyeret negara-negara lain,” kata Anggota Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (DN-PIM) Hamdan Zoelva di kantornya, Jalan Warung Jati Timur, Jakarta Selatan, Selasa, 7 Januari 2020.

Menurut dia, kondisi semakin rumit dengan adanya ketegangan antara Indonesia dan Tiongkok di perairan Natuna. Sengketa teritorial sepihak itu dinilai mengancam Indonesia.

“Dinamika kawasan Asia Pasifik ini berpotensi membawa ancaman terhadap kedaulatan Indonesia,” kata Hamdan.

BACA JUGA:   JK Lantik Chairul Tanjung Jadi Dewan Kehormatan PMI 2019-2024

Kerumitan, terang dia, juga semakin menjadi-jadi karena Indonesia berada dalam ‘cengkeraman’ negara lain melalui investasi dan utang. Jumlahnya pun sudah melebihi porsi wajar dalam APBN.

“Sangat mungkin membawa perasalahan ekonomi dan keuangan yang potensial melemahkan kemandirian bangsa dan menggoyahkan kedaulatan negara,” ujar Hamdan.

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi itu menilai tantangan bangsa semakin bertambah dengan adanya multi krisis dunia yang sedang berlangsung. Termasuk, krisis energi, pangan, ekologi, dan keuangan.

BACA JUGA:   Din Syamsuddin Minta Pemerintah Bersikap Tegas Hadapi Sengketa Laut Natuna

“Di samping itu, keadaan dunia yang masih kacau dengan adanya konflik dan perang di berbagai belahan dunia juga merupakan tantangan tersendiri. Ancaman perang tradisional, perang siber, dan perang kawasan masih menjadi tantangan ke depannya,” tutur Hamdan.

sumber: medcom.id

News Feed