by

Pemuda Muslim Indonesia Luwu Utara Ajak Pemda Kembangan Cemilan Rambutan

INDONESIASATU.CO.ID:

LUWU UTARA – Alamsyah Nurdin,
Dewan Pertimbangan pimpinan cabang pemuda muslim (Pemuda Muslim Indonesia) orton Syarikat Islam (SI) Kabupaten Luwu Utara  mengajak Pemda untuk berkalaborasi dalam pemanfaatan buah seperti rambutan dan langsat.

Menurut Alamsyah Nurdin,  Rambutan merupakan sebagian dari komoditas buah yang mendapat prioritas untuk dikembangkan.

Apalagi buah langsat dan rambutan di Luwu Utara tengah memasuki musim.

“Saya mewakili masyarakat pertanian meminta dinas pertanian untuk memikirkan hasil produksi petani masyarakat luwu utara terutam rambutan dan langsat,” kata Alamsyah Nurdin,  Jumat (3/1/2020).

BACA JUGA:   PB Pemuda Muslim dan WSI Jabar Bantu Korban Banjir dan Longsor di Bogor

Bobi panggilan sapaan Alamsyah Nurdin, Buah rambutan biasanya dikonsumsi dalam keadaan segar, namun dapat juga diolah menjadi buah kalengan atau manisan buah. Seperti pengawetan dapat memperpanjang masa menikmati buah rambutan sampai diluar musim.

“Selain diolah menjadi buah kaleng atau manisan buah, ternyata buah rambutan dapat diolah menjadi cemilan yang cukup unik. Daerah lain, buah rambutan diolah menjadi cemilan rambutan goreng. Rasa cemilan ini manis seperti kurma. Jika ini ada di Luwu Utara dapat di jadikan ole-ole khas Luwu Utara,” jelas Bobi.

BACA JUGA:   Pemuda Muslim Indonesia hadiri Kongres Umat Islam Indonesia VII di Bangka Belitung

Buah rambutan mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium dan vitamin C. Kulit buah mengandung tanin dan saponin. Biji mengandung lemak dan polifenol. Daun mengandung tannin dan saponin. Kulit batang mengandung   tannin, saponin, flavonida, pectic substance, dan zat besi. (*)

sumber: indonesiasatu.co.id

News Feed