by

Wagubsu Berharap Ketentraman Hidup Umat Beragama Terus Terjaga

MEDAN, Waspada.co.id – Ketentraman dan kenyamanan hidup antarumat beragama di Indonesia terus dipertahankan. Perpecahan mesti dicegah agar ketentraman dan kenyamanan tersebut dapat terjaga.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah saat menjadi narasumber seminar Deradikalisasi Agama Dalam Perspektif Negara Hukum dalam rangka Milad Nasional ke-91 Pemuda Muslimin Indonesia (PMI) di Garuda Plaza Hotel Medan, Senin (2/12).

“Kita harapkan kenyamanan dan ketentraman umat beragama terus bisa kita pertahankan dan jaga bersama,” kata Wagub yang juga akrab disapa Ijeck.

Agar tidak terjadi perpecahan, masyarakat diharapkan tidak menerima informasi dari berita negatif secara mentah. Menurutnya, saat ini banyak informasi yang disebar di media sosial dengan tujuan memecah belah kesatuan. Karena itu, masyarakat harus dapat memilah informasi yang bisa dipercaya.

BACA JUGA:   Pelantikan PC Pemuda Muslim se-Sumatera Utara

“Masyarakat diharapkan tidak menerima secara mentah informasi yang beredar di media sosial atau di manapun, apalagi yang tujuannya memprovokasi,” ujarnya.

Mengenai terorisme, Ijeck tidak setuju dikaitkan dengan agama tertentu. Untuk itu, pemahaman tentang radikalisme dan terorisme harus dijelaskan kepada masyarakat agar tidak terjadi perpecahan lantaran satu pihak merasa disudutkan.

“Kita tidak menginginkan ada agama tertentu yang dianggap sebagai pemicu masalah dalam negara kita ini,” kata Ijeck.

BACA JUGA:   PC Pemuda Muslim Luwu Utara: Selamat Hari Bhakti Transmigrasi ke-69

Ketua Majelis Fatwa PMI, Hamdan Zoelva, mengatakan paham radikal yang tidak benar adalah yang berkaitan dengan tindak pidana terorisme. Hal tersebut harus menjadi perhatian bersama bagi seluruh masyarakat, bahwa tindakan terorisme harus dilawan bersama.

Selain itu, masyarakat juga perlu memahami bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjamin dan melindungi setiap pemeluk agama yang menjalankan kepercayaannya.

Ketua Umum Pimpinan Besar PMI, Ervan Taufiq, mengatakan pihaknya harus terus menjaga kesatuan NKRI dalam momentum milad ke-91. Menurutnya, perbedaan adalah satu nikmat dan anugerah yang patut disyukuri. (wol/aa/data3)

sumber: waspada.co.id

News Feed