by

DPR Usul Bubarkan BNN, Ini Efeknya Buat Indonesia

Print Friendly, PDF & Email

MerahPutih.com – Rencana pembubaran Badan Narkotika Nasional (BNN) oleh Komisi III DPR RI terus bergulir dan mendapat tanggapan serius. Pasalnya, rencana itu bakal melemahkan upaya pemberantasan narkoba yang mengancam masa depan bangsa.

Ketua Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) Bintang Wahyu Saputra mengatakan, lebih baik memperkuat BNN ketimbang membubarkannya.

“Kita perlu melakukan perubahan terhadap BNN agar kinerja lembaga pemberantas dan pencegahan narkotika tersebut lebih optimal,” kata Bintang Wahyu Saputra, dalam keterangan persnya kepada Merahputih.com, Rabu (27/11).

Bintang mengungkapkan solusi lain adalah lebih baik mengganti pejabat di internal BNN daripada membubarkannya.

“Kami lebih menyarankan perubahan dan pergantian seluruh pejabat BNN terutama kepala BNN bapak Heru Winarko karena telah gagal dalam menjalankan peran dan fungsi lembaga yang dipimpinnya,” tegasnya.

BACA JUGA:   KKB Papua Dicap Teroris, Organisasi Pemuda Islam Dunia Anggap Wajar
Ketua Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) Bintang Wahyu Saputra
Ketua Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) Bintang Wahyu Saputra

Bintang menuturkan, cara lain adalah melakukan perubahan sistem seperti rekrutmen pegawai sampai pejabat serta perubahan arah kebijakan dan program kerja BNN yang selama ini kurang tepat sasaran.

“Banyak masukan dari masyarakat kurang didengar. Ini mungkin menjadi salah satu alasan kuat yang menjadi kekurangan BNN karena lembaga tersebut sifatnya tertutup padahal dalam melakukan pencegahan dan pemberantasan narkoba BNN harus terbuka komunikatif dan jemput bola kepada masyarakat,” sesal Bintang.

Ia mengajak dan menyerukan kepada seluruh elemen untuk ikut dalam berperan aktif dalam melakukan pengawasan dan penguatan terhadap BNN RI.

“Khususnya dengan memeriksa keuangan BNN khususnya sosialisasi pencegahan narkotika karena diduga terdapat kegiatan tidak tepat sasaran dan fiktif di dalamnya,” tutup Bintang.

BACA JUGA:   PB SEMMI Desak KPK Usut Suap Pajak Korporasi di Kalsel

Wacana pembubaran BNN sempat menyeruak saat Komisi III DPR RI menggelar rapat kerja dengan BNN pada Kamis (21/11). Adalah anggota Komisi III dari Fraksi PDI Perjuangan yang memunculkan wacana itu.

Mulanya, Masinton mempertanyakan terobosan yang minim dari BNN. Sebab, berulang kali pihak BNN menyebut sudah melakukan deteksi dini dalam mencegah barang haram masuk. Tapi kenyataanya, narkoba masih masuk ke tanah air dalam jumlah yang tidak sedikit.

“Kalau tidak ada terobosan, saya minta BNN dievaluasi, dibubarkan saja. Dilebur saja sama kepolisian kalau enggak,” ujar Masinton. (Knu)

sumber: merahputih.com

News Feed