by

Kemenag Sumut, Utus Guru Madrasah Ikuti Pelatihan Pemahaman Konstitusi

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

MUDANEWS.COM, Jakarta – Kurangnya pemahaman tentang Nilai-nilai Pancasila dan pemahaman Hak-hak konstitusional warga di tengah-tengah masyarakat dan terlebih di kalangan generasi muda. Oleh karena itu, Mahkamah Konstitusi melaksanakan “Pelatihan peningkatan pemahaman hak konstitusional warga negara “Kegiatan Pelatihan ini di laksanakan di Hotel Syahid Jaya Jakarta, Rabu-Sabtu (13-16/11/2019). Sedangkan Peserta yang hadir pada kegiatan skala nasional ini berjumlah 150 orang guru yang berasal dari kementerian agama dan dari Kemendikbud.

Sedangkan peserta utusan Kanwil Kemenag Provinsi Sumut berjumlah 6 orang guru madrasah yakni Ralita Saragih Utusan RA Kasuma (Medan), Arenibi Maruhawa Utrusan MIN (Gunung Sitoli), Nurjihan Utusan MTS Negeri 2 (Medan), Nazaruddin SPdI Utusan MTS Madinatul Ilmi Desa Lubuk Kertang (Langkat), Hartono Utusan MAN 1 (Langkat) dan Juli Iswanto Utusan MAS Al Washliyah (Binjai).

Kemenag Sumut, Utus Guru Madrasah Ikuti Pelatihan Pemahaman Konstitusi
6 orang Guru Madrasah asal Sumut

Adapun Materi yang disampaikan oleh pemateri yang berkompeten di bidangnya masing-masing adalah Perkembangan dinamika konstitusi dan konstitusionalisme Indonesia, Sistem Penyelenggaraan Negara Menurut UUD 1945, Jaminan Hak konstitusional Warga Negara Dalam UU NRI Tahun 1945 dan Negara Hukum berwatak Pancasila.

Acara ini juga dirangkaikan dengan Pemberian anugerah konstitusi Bagi Guru PPKN tahun 2019, Finalis yang berasal dari Kemenag Provinsi Sumut yaitu Juli Iswanto Guru MAS Al Washliyah Binjai. Kemudian pada pada malam Sabtu di malam puncak Mahkamah Konstitusi menggelar pemberian Anugerah Konstitusi untuk Guru PPKn berprestasi tingkat Nasional tahun 2019 serta media massa, jurnalis, penulis opini terbaik, di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

BACA JUGA:   Mantan Ketua MK : Negara Kita Negara Macam Apa
Kemenag Sumut, Utus Guru Madrasah Ikuti Pelatihan Pemahaman Konstitusi
Prof DR Jimly Assiddiqie SH MH dan Nazaruddin SPdI berswafoto

Turut hadir Ketua MK, Hakim MK, Menteri Agama RI dan Dirjen GTK Madrasah, Dirjen GTK Kemendikbud, Ketua BPK RI, Prof DR Jimly Assiddiqie SH MH dan DR. Hamdan Zoelva SH MH. Serta pimpinan media cetak dan online nasional.

Nazaruddin SPdI salah satu peserta Provinsi Sumut, mewakili peserta mengucapkan ribuan terima kasih kepada Mahkamah Konstitusi RI yang telah melaksanakan kegiatan event skala nasional ini dengan begitu baik, aman dan terkendali, sehingga seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini mendapatkan pelayanan terbaik dari Panitia Pelaksana MK ini.

Kemenag Sumut, Utus Guru Madrasah Ikuti Pelatihan Pemahaman Konstitusi
Ketua MK Anwar Usman foto bersama guru madrasah dari Sumut

“Terima kasih kepada Kemenag RI Dirjen GTK Madrasah yang telah mengirimkan peserta pada kegiatan yang bergengsi ini, sebanyak 63 orang guru madrasah. Ungkap guru mts madinatul ilmi ini, Insya allah dalam waktu dekat ini peserta asal sumut akan mendesiminasikan hasil pelatihan kepada gru-guru madrasah di wilayah tempat tugas masing-masing, apakah melalui KKG/MGMP di satuan pendidikan masing-masing atau dapat di fasilitasi oleh kakankemenag wilayah tugas masing-masing dengan harapan semoga tahun depan biasa lebih banyak lagi yang ikut sebagai finalis ataupun sebagai peserta,” ucap Nazaruddin.

BACA JUGA:   Sugianto Sabran Pernah Didiskualifikasi di Pilkada Kotawaringin Barat

“Kami berharap agar guru-guru madrasah bisa ikut untuk tahun depan dengan mempersiapkan diri sejak sekarang dengan sering mengikuti pelatihan dan workshop tentang Hak konstitusi, menyiapkan media pembelajaran dan metode pembelajaran berbasis 4.0 dan komunikasi global, dan alangkah lebih baik lagi jika guru sudah memiliki minimal 1 Buah Karya sebuah Buku yang bertema tentang Hak Konstitusi Warga Negara,” ujar salah satu Anggota Pergumapi dan Pengurus Formalindo Langkat ini.

Kemenag Sumut, Utus Guru Madrasah Ikuti Pelatihan Pemahaman Konstitusi
Nazaruddin SPdI

Sebagai penguatan pemahaman tentang MK kepada peserta pada hari Jumat seluruh peserta berkunjung ke gedung MK dan ke Monas untuk studi ekskursi dengan menggunakan MRT, pada malam penutupan dan pengumuman Anugrerah Konstitusi ini, seluruh tamu dan peserta di hibur oleh salah satu band yang terkenal di tanah air yaitu Wali Band. Berita Jakarta, red

sumber: mudanews.com


Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

News Feed