by

Bandingkan Soekarno dengan Nabi Muhammad, Sukmawati Soekarnoputri Giliran Dibandingkan dengan Bapaknya

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Winnetnews.com – Pasca melontarkan ujaran kontroversional mengenai Presiden Soekarno dan Nabi Muhammad SAW, Sukmawati Soekarnoputri mendapatkan respon keras dari berbagai ormas Islam di Indonesia. Selain Nadhlatul Ulama dan Muhammadiyah, Syariat Islam juga ternyata melontarkan balasan tajam terhadap pernyataan Sukmawati.

“Itu memang tidak pantas diucapkan dengan membandingkan Nabi Muhammad engan Soekarno di konteks abad ke 20. Memang tidak ada Nabi Muhammad di abad 20, tapi pernyataan membandingkan seperti itu jadi tidak relevan. Hal yang dilontarkan itu berlebihan dan tidak bisa merasakan keberagaman dari umat Islam,” kaya Ketua Umum Pmimpinan Pusat Syarikat Islam, Hamdan Zoelva, dikutip dari Detik.com, Senin (18/11).

Ketua Umum Pimpinan Pusat Syariat Islam Hamdan Zoelva (foto: Republika Online)

Hamdan kemudian menyarankan kepada Sukmawati agar belajar lebih dalam tentang Islam. Ia bahkan membandingkan Sukmawati dengan ayahnya yang memiliki pemahaman tentang Islam lebih kuat.

BACA JUGA:   29 September 2020 Program Salam Indonesia Bisa Penyejuk Hati bersama Dr. H. Hamdan Zoelva, SH.MH

“Saya kita Sukma ini kalaupun seorang Muslim, harus bisa belajar Islam lebih baik. Ayahnya itu kan dalam sekali Islamnya. Soekarno itu memiliki pemahaman Islam yang sangat luar biasa. Sayang sekali ia tidak ikut bapaknya,” lanjut Hamdan.

Lebih lanjut, Hamdan menilai perbandingan yang dilakukan Sukmawati tidak proposional. Perbandingan ini juga menurutnya bisa menyinggung perasaan umat Islam.

“Ya betul penempatan kata dan pembandingan itu tidak pantas. Ini kan masalah rasa, bukan debat kusir, ini masalah rasa, bagaimana perasaan umat, yang memang tidak pantas dibandingkan. Dua hal yang berbeda, nabi seorang nabi, Sukarno seorang pejuang dan proklamator, itu konteks yang beda, jadi nggak perlu dibanding-bandingkan,” kata Hamdan.

Sukmawati Soekarnoputri (foto: VivaNews)

Sebelumnya, Sukmawati dilaporkan oleh Korlabi ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama terkait ucapannya membandingkan Soekarno dengan Nabi Muhammad SAW. Selain Korlabi, Sukmawati juga dilaporkan oleh Forum Pemuda Muslim Bima (FPMB) ke Bareskrim Polri.

BACA JUGA:   Hamdan Zoelva Ingatkan DPR Jangan Intervensi Hakim MK dan Pengaruhi Perkara

Perkataan Sukmawati ini terlontar dalam acara diskusi 11 November lalu saat dirinya memberikan kotbah tentang perjuangan kemerdekaan RI dari jajahan Belanda. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019.

sumber: winnetnews.com


Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

News Feed