by

Gelar Mukernas ke-3, Syarikat Islam Fokus Soal Pemberdayaan Ekonomi Umat

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Hari ini, Kamis (14/11), Pimpinan Pusat Syarikat Islam menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) III. Mukernas digelar di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, dan dibuka langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam kesempatan tersebut, Syarikat Islam juga meluncurkan Koperasi Nasional Syarikat Islam Global Mitrasari serta Peluncuran Politeknik Gerakan Tani Syarikat Islam (Gertasi).

Tema yang diangkat pada Mukernas ke-3 ini adalah “Pemantapan Implementasi Program Dakwah Ekonomi Syarikat Islam”.

Ketua Umum Syarikat Islam, Hamdan Zoelva menegaskan, Syarikat Islam saat ini tidak ikut dalam politik praktis. Syarikat Islam juga menjaga jarak dengan partai politik manapun dan berfokus pada pemberdayaan ekonomi keumatan, pembangunan pendidikan, serta konsolidasi organisasi.

“Sesuai dengan hasil Kongres Syarikat Islam di Bandung, yang mengamanahkan kepada kita untuk kembali kepada khitah perjuangan Syarikat Islam. Saya sebagai ketua umum berfokus pada 3 hal yakni melakukan konsolidasi organisasi, membangun jejaring keekonomian umat, serta membuat kurikulum sekolah-sekolah di bawah naungan Syarikat Islam,” ujar Hamdan Zoelva dalam sambutannya.

BACA JUGA:   SYARIKAT ISLAM Kecamatan MADUKARA kegiatan Baksos pembagian sayur mayur kepada masyarakat Dusun Krajan

Mantan Ketua MK itu menjelaskan, keluarnya Syarikat Islam dari politik praktis disebabkan karena persoalan ketimpangan ekonomi masyarakat Indonesia. Penguasaan ekonomi Indonesia kini tidak dimiliki oleh umat Islam. Oleh sebabnya Syarikat Islam memilih untuk berdakwah khususnya di bidang ekonomi.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Mukernas Liana Suprapto, dipilihnya tema tersebut karena ada beberapa sasaran yang ingin dicapai oleh Syarikat Islam. Pertama yakni percepatan implementasi program aksi Syarikat Islam dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang berbasiskan koperasi, UMKM, pertanian dan kehutanan.

Kedua, sebagai ajang permusyawaratan untuk meletakkan revitalisasi nilai kejuangan Syarikat Islam dalam menghadapi semangat kebangsaan yang baru,terutama dalam menghadapi persaingan dalam pergaulan hidup di era Industri 4.0.

“Sasaran kami dalam Mukernas kali ini adalah merajut silaturrahim intra dan ekstrakaum Syarikat Islam dalam memperkuat semangat ukhuwah Islamiyah dan ukhuwahwathaniyah di antara sekalian anak bangsa,” kata Liana.

BACA JUGA:   1 Oktober 2020 Program Salam Lentera Kebajikan Jelang Majelis Tahkim 41 Syarikat Islam Bersama Machmud Turuis, SE

Pada Mukernas kali ini juga diberikan ceramah pembekalan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup mengenai Strategi Kementerian Kehutanan & Lingkungan Hidup dalam meningkatkan ekonomi Rakyat, dilanjut dengan ceramah dari Kementerian Pertanian mengenai Mengokohkan Mental Bangsa sebagai Masyarakat Agraris dalam Menghadapi Persaingan Global dalam Era Industri 4.0, ceramah pembekalan lainnya akan diisi oleh Bapak Heppy Trenggono mengenai Kebangkitan Ekonomi Tanggung jawab kita.

Setelah itu dilanjutkan dengan agenda internal, Sidang Mukernas dengan fokus pembahasan mengenai pemaparan dan pembahasan program aksi yang memberi penguatan dan percepatan dibidang ekonomi dan usaha-usaha sebagai ikhtiar untuk mewujudkan kemandirian ekonomi kaum Syarikat Islam dalam rangka mendorong dan membangun kerakyatan yang berkesejahteraan.

sumber: jitunews.com

News Feed