by

Sambutan Pelantikan Ketua DPW SI BABEL

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

SAMBUTAN KETUA UMUM
DPW SYARIKAT ISLAM PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
PERIODE 2019 – 2024
(SANTIKA HOTEL PANGKALPINANG, 8 NOV 2019)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahi rabbal’alamin.
Assholatu wassalamu’alhazan nabiyil kariim.
Habibina muhammadiwa’ala ‘alihi wasohbihi ajma’in.
Wattabiin wattabit tabiin.
Wamantabi-ahum Bil-ihsanin ila yaumiddin
Birahmatika yaa arhamarrohimiin

Selamat Malam, Salam Sejahtera dan salam Kebajikan untuk kita semua.

Sirih berlipat sirih pinang
Sirih dari pulau mutiara
Pemanis kata selamat datang
Awal bismillah pembuka bicara

Jalan jalan naik kuda
Naik kuda keliling taman
Dengan senang hati kami menyapa
Assalamualaikum kami ucapkan

Pertama tama marilah kita ucapkan puji serta syukur Kepada Allah hi-robbi, penguasa atas segala-segala nya, atas perkenaannya memudahkan langkah kaki kita untuk dapat hadir di acara silaturahmi dan pelatikan DPW SYARIKAT ISLAM Provinsi Kep. Bangka Belitung di hotel Santika Pangkalpinang, hari ini 11 Rabiul awal 1441 Hijriah.

Yang kami Muliakan :
1) Dewan pimpinan Pusat (Lajnah Tanfidziyah) Syarikat Islam : Dr. H. Hamzan Zoelva, SH, MH, Ketua mahkamah konstitusi RI th 2013 – 2015
beserta beberapa pengurus DPP,
ada Bang Yudhi Irsyadi Syafei Wakil Sekretaris Jenderal,
ada Bang Ibong (Agustanzil Sjaroaesah (Beliau ini Cucu Alm Agus Salim)
Ketua Lajnah Tanfidziah Syarikat Islam.
Dalam sejarah Alm KH. Agus Salim Terlahir dengan nama Mashudul Haq yang berarti “Pembela Kebenaran” lahir di Sumatera Barat. dijuluki The Grand Old Man (Si Pak Tua Besar). Menguasai 7 bahasa asing Arab, Mandarin, Prancis, Turki, Inggris, Jepang, dan Belanda.
Alhamdulillah pada 27 Desember 1961, ia secara resmi dilantik menjadi Pahlawan Nasional Indonesia, pernah menjabat Menteri Muda Luar Negeri Republik Indonesia, Guru berdebat dan berorasi, pemahamannya dalam ilmu agama Islam yang membuatnya menjadi panutan, merupakan diplomat ulung yang menjadi teladan sekaligus inspirasi kaum muda Syarikat Islam Bangka Belitung.
Hari ini kita kehadiran cucu nya yang biasa saya panggil om Ibong dan salah satu ketua DPP SI
2) Mewakili Gubernur Babel kebetulan beliau izin sudah terlanjur janji dengan masyarakat sungai buluh kabupaten Bangka Barat dalam acara maulud Nabi, Yang kami Banggakan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs, H. Abdul Fatah, M.Si, kita doa kan semoga beliau sehat selalu apalagi setelah kejadian di Belitung kemarin, Cukup menghawatirkan kita, Alhamdulillah beliau selamat.
3) Bang Edy Haryata, Abang ini yang saya kenal Mati tidak di cari, berhasil tidak di puji, Menyumbang dak usah di tulis pakai nama, terima kasih bang atas support acara ini, semoga dalam kepemimpinan bang EDY semua pasukan sehat walafiat.
4) Jenderal Rudi Tranggono, kita doakan semoga dalam waktu dekat insyaAllah menjadi Kapolda Babel.
5) Kepala BADAN KESBANGPOL provinsi kep. Babel, Drs. H. Tarmin, M.Si
6) Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, ibu Ir. Hj. Elfiana
7) Kawan kawan Presedium Kahmi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
8) Yosef Kaburuan, PT. Bursa efek Indonesia perwakilan provinsi kep Bangka belitung, Mudah mudahan Kedepan kita bisa kerja sama baik berupa pelatihan para pengurus Syarikat Islam belajar tentang pasar modal, kita bisa besinergi dengan koperasi Syarikat Islam Bangka Belitung.
9) Ustad Warsongko, Owner Bakso Soni, Ketua jaringan Saudagar Muhammadiyah, pengerak sholat subuh berjamaah.
10) Prof, Saparudin, MT, P,hD Direktur BUMD Provinsi Kep. Bangka Belitung, Wakil Ketua Dewan Wilayah SI Babel
11) M. Azrul Azwar. Direktur BUMD Kabupaten Belitung, Sekretaris Dewan Wilayah
12) Yuliani Azwar ketua Organisasi sayap SI, wanita syarikat Islam.
13) Kawan Kawan Media Cetak dan On line yang malam ini sempat hadir, kami ucapkan terima kasih, Karena Bang Hamdan ini dewan pembina media online Indonesia.
14) Yang saya banggakan Seluruh pengurus Dewan pimpnan Wilayah Syarikat Islam Provinsi Kep. Bangka Belitung, baik itu penempatan di Dewan Wilayah maupun pimpinan wilayah.
15) Serta tuan tuan dan puan puan yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, baik nama maupun gelar, semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT

BACA JUGA:   SI cabang Banjarnegara: 115 tahun SI, Pergerakan syarikat islam menuju masyarakat 5.0

Pertama tama saya mohon maaf yang sebesar besarnya kepada Ketua umum bahwa mandat yang di berikan kepada saya dalam rangka pembentukan pengurus syarikat islam wilayah provinsi kep Bangka Belitung mungkin mandat terlama mungkin di NKRI ini yaitu selama 1 tahun 6 bulan 4 hari. Mandat ini pernah juga saya sampaikan ke Gubernur agar beliau yang menjadi lokomotif syarikat islam di Bangka belitung tapi karena kesibukan beliau akhirnya di kembali kan lagi ke DPP.

Tapi karena persahabatan adalah segala galanya, karena Ketum dan saudara Azrul Azwar ini mantan Bos saya Th 1999, akhirnya dengan ucapan Bismillah amanah ini saya terima, Tugas Saya menghantar bagiamana Syariat Islam bisa berbuat untuk kebaikan di provinsi Kep Bangka Belitung ini,

Mengapa saya begitu yakin SI ini bisa besar di Bangka Belitung, kalau di lihat dari komposisi pengurusnya SI di Babel tidak bisa dianggap organisasi kaleng kaleng, Secara umur masih banyak anak muda potensial dengan total pengurus 49 orang, secara pendidikan ada 1 orang professor, 2 orang Doktor, 2 orang Kandidat Doktor, 7 orang Master, dan selebih nya sarjana stara S 1 dengan beberapa latar pendidikan dan pengalaman di dalam nya

Disatu sisi anamah ini sangat berat, Syarikat Islam itu sebuah organisasi tertua di Indonesia, pernah menjadi organisasi masa terbesar dalam sejarah pergerakan Nasional. kita bisa bayangkan hampir semua tokoh pergerakan di negeri ini hamper semuanya alumni syarikat Islam, mulai dari Soekarno, Semaoen, Musso, hingga Maridjan Kartosoewirdjo yang menjadi murid dari Haji Oemar Said Tjokroaminoto. Pada saat kepemimpinan HOS Tjokroaminoto tahun 1914 anggota resmi Syarikat Islam ada 400.000 orang.

Saat ini di tahun 2019 asal kita mendengar kata kata syarikat Islam seakan akan sangat lah seram dan menakutkan, Opini yang dibuat seakan akan umat islam itu teroris dan exstrimis-exstimis sangat menakutkan.

Tapi setelah kita masuk kedalam dan diskusi dengan beberapa beberapa tokoh didalamnya, Syarikat Islam ini adalah organisasi yang sangat moderat, Flatform nya jelas, banyak berhubungan dengan Habluminannas (hubungan dengan Manusia) yang tidak mengesampingkan Habblumninallah (Hubungan dengan Allah)

BACA JUGA:   17 September 2020 Program Salam Lentera Kebajikan Jelang Majelis Tahkim 41 Syarikat Islam Bersama Ir. H. Achmad Farial

Ada 1 kata kunci yang sangat ingat setiap diskusi dengan ketua umum, bahwa Syarikat Islam itu adalah bagaimana kita bisa memberdayaan ekonomi umat, Kita mulai malam ini program yang akan kita buat di syarikat islam dalam penguatan ekonomi umat, mudah mudahan bisa tersingkronisasi dengan program program pemerintah, kita bisa membantu pemerintahan ini baik aksi kongktrit maupun pikiran pikiran yang positif. Kita tidak hanya bisa mengkritisi tapi juga bisa memberikan solusi terbaik bagi pembangunan di provinsi Bangka Belitung ini.

Di Syarikat Islam kita bicara tentang dakwah ekonomi, penguatan ekonomi ummat,
DPW Syarikat Islam Bangka Belitung langsung mengkongkritkan falatform tersebut dengan sudah terbentuknya KOPERASI SYARIKAT ISLAM BANGKA BELITUNG. Kita bentuk profit profit center guna bahan bakar terjaminnya roda Organisasi Syarikat Islam bisa hidup dan bisa berlari kencang. Saya Ucapkan terima kasih Tim Ekonomi yang sudah berjuang dalam pembentukan ini, Hairul Ichwan, Adi Wijaya, Agung Nugraha, Afrizal, dan bang prof. Udin atas tempat pembentukannya.

Dalam rangka membatu program Pemerintah Daerah guna peningkatan kualitas sumber daya manusia, DPW Syarikat Islam Bangka Belitung telah melakukan Kerjasama dengan Lembaga Asosiasi profesi ASSTATINDO (Asosiasi Tenaga Ahli Teknik dan terampil Indonesia) Lembaga profesi ini khusus pelatihan dan penerbitan sertifikat tenaga Ahli dan terampil di dunia jasa konstruksi sesuai amanah UU No.2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, dimana setiap tenaga kerja yang bekerja di sektor konstruksi harus memiliki sertifikat kompetensi. Tahun 2020 implemtasi dari MOU ini kita akan mengadakan pelatihan Tenaga terampil bagi keluarga besar SI yang bergerak di bidang konstruksi sebanyak 1. 000 orang,

Saya mengajak untuk membekali hidup kita sebagai kaum persyarikatan seperti yang tertuang dalam program tandhin syarikat islam yaitu :

  1. SEBERSIH BERSIH TAUHID
  2. SETINGGI – TINGGI ILMU DAN
  3. SEPANDAI – PANDAI SYIASAH

InsyaAllah kita semua akan menjadi kader kader syarikat islam yang beriman, berilmu, berjiwa mandiri, berkahlakul karimah, memiliki kecakapan serta menjadi umat islam yang berpedoman pada alquran dan sunah.

Terakhir Ucapan terima kasih kepada kawan kawan panitia atas bantuan kegiatan selama ini, support tenaga, pikiran dan donasi dana, krn kita coba mandiri dengan menggali potensi kelebihan rezeki kawan kawan dan mereka luar biasa.

Tidak ada gading yang tak retak. Ucapan maaf kepada para tamu yang hadir malam ini, , semoga kita bisa bersilaturrahmi dan diskusi positif demi kemajuan ekonomi umat Bangka Belitung.

Semoga Allah mempermudah langkah dan niat tulus kita semua.

Bunga dadap diatas para
Anak dusun pasang pelita
Andai tersilap tutur bicara
Jari disusun maaf di pinta

Habis makan cuci tangan bersih bersih
Cukup sekian dan terima kasih

Billahi-fiisabi-lill-haq
Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

H. SYAIFULLAH ASNAN, ST
Ketua DPW Syarikat Islam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

sumber: syarikatislambabel.org

News Feed