by

Profil Ruhana Kuddus, Jurnalis Perempuan Pertama Peraih Pahlawan Nasional

Print Friendly, PDF & Email

Jakarta – Ruhana Kuddus ditetapkan oleh pemerintah sebagai pahlawan nasional. Siapa Ruhana?

Presiden Jokowi memberikan gelar pahlawan nasional pada 6 tokoh. Salah satunya Ruhana Kuddus yang diwakili Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Berikut profil Ruhana Kuddus:

1. Jurnalis Perempuan Pertama

Ruhana Kuddus merupakan jurnalis perempuan pertama Indonesia. Dia lahir di Sumatera Barat pada 20 Desember 1884.

Awal mula karir jurnalistiknya dimulai dari surat kabar Poetri Hindia pada 1908 di Batavia. Kemudian Poetri Hindia dibredel Belanda. Ruhana pun mendirikan Surat Kabar Sunting Melayu pada 1911. Ruhana menjadi pemimpin redaksi koran perempuan pertama di Indonesia.

BACA JUGA:   16 Oktober 1905: Kontroversi Kelahiran Sarekat Islam dan Hari Kebangkitan Nasional

2. Sepupu Agus Salim

Ruhana Kuddus merupakan sepupu H Agus Salim yang juga pahlawan nasional. Selain itu, dia bersaudara dengan Sutan Syahrir dan merupakan bibi dari penyair terkenal Chairil Anwar.

3. Memperjuangkan Perempuan

Wanita yang wafat pada 17 Agustus 1972 ini kerap memperjuangkan nasib perempuan semasa hidupya. Dia mendirikan perkumpulan perempuan yang bernama Perkumpulan Karadjinan (PK) Amai Satia. PK Amai diketuai Ruhana. PK Amai membangkitkan semangat pemberdayaan perempuan Minangkabau dan membekali mereka dengan ilmu serta ketrampilan.

BACA JUGA:   5 Pahlawan Nasional Ini Diabadikan Kisah Hidupnya Lewat Film

4. Terima Penghargaan

Ruhana Kuddus menerima penghargaan lewat PK Amai. Sejumlah penghargaan seperti Bronzen Ster (1941) dan Penghargaan Upakarti dari Presiden Soeharto (1987), dan Penghargaan Kebudayaan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (2007).

sumber: news.detik.com

News Feed