by

Peringati 114 Tahun, Syarikat Islam Akan Gelar Mukernas dengan Berbagai Kegiatan

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Jakarta, suarasi.com – Dalam rangka peringatan milad Syarikat Islam ke-114, Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam menyelenggarakan acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) III Syarikat Islam, dengan tema “PEMANTAPAN IMPLEMENTASI PROGRAM DAKWAH EKONOMI SYARIKAT ISLAM”

Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang panitia pengarah acara Mukernas, Taufik Makarao. “Musyawarah Kerja Nasional III akan  dilaksanan pada tanggal 14 – 16 November 2019, bertempat di Hotel Grand Cempaka, Jl. Let.Jend Suprapto, Cempaka Putih Jakarta, yang Insya Allah akan dihadiri oleh Presiden atau Wakil Presiden Republik Indonesia,” ujarnya setelah menghadiri rapat persiapan acara Mukernas di Kantor DPP Syarikat Islam, Jalan Proklamasi Nomor 53, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/10).

Mukernas, lanjut Taufik, merupakan ajang permusyawaratan setingkat di bawah Majelis Takhim/Kongres Nasional yang memiliki kedudukan strategis dalam konteks menilai perkembangan organisasi Syarikat Islam menjalankan amanah majelis takhim, dengan menimbang keberhasilan dan hambatan yang terjadi di dalamnya.

“Besaran pembahasan pada Forum Mukernas III Syarikat Islam ini akan berfokus pada beberapa hal berikut ini, pertama, pemaparan dan pembahasan program aksi yang memberi penguatan dan percepatan dibidang ekonomi dan usaha-usaha sebagai ikhtiar untuk mewujudkan kemandirian ekonomi kaum SI dalam rangka mendorong dan membangun kerakyatan yang berkesejahteraan,” tambahnya.

BACA JUGA:   Wagub Jabar Minta Ulama Terapkan Ketat Protokol Kesehatan

Lalu, ujar Taufik, kedua, pembahasan Penyempurnaan Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga Syarikat Islam sebagai Draft Perubahan/Penyempurnaan PD-PRT yang akan ditetapkan dalam Majelis Takhim/Kongres Nasional ke-41 Syarikat Islam pada 2020.

“Terakhir adalah pembahasan kegiatan infrastruktur keorganisasian dan program-program kerja unggulan yang berkorelasi terhadap kegiatan perekonomian,” tuturnya.

Taufik juga mengatakan Pembukaan Mukernas III tersebut akan ada Peluncuran Koperasi Nasional Syarikat Islam yang dinamakan dengan Global Mitrasari, dan Peluncuran Politeknik Gerakan Tani Syarikat Islam (Gertasi) Bandung.

“Selain itu, akan ada ceramah dari Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar mengenai Strategi Kementerian Kehutanan & Lingkungan Hidup dalam meningkatkan ekonomi Rakyat. Ceramah dari Menteri Pertanian Bapak Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH, mengenai Mengokohkan Mental Bangsa sebagai Masyarakat Agraris dalam Menghadapi Persaingan Global dalam Era Industri 4.0. Ceramah Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Bapak Teten Masduki mengenai Peran Organisasi Kemasyarakatan dalam Meningkatkan Koperasi dan UMKM bagi Perekonomian Nasional,” jelasnya.

Sedangkan, tambah Taufik, pada hari kedua akan diisi dengan ceramah oleh Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Prof. Muh. Nuh mengenai Konteks Wakaf dalam Pemberdayaan Asset Umat.

BACA JUGA:   Pelantikan anak-anak cabang sekaligus penyerahan kartu anggota KTA SI kepada bupati bandung

“Lalu dilanjutkan dengan ceramah oleh pengusaha Heppy Trenggono mengenai Kebangkitan Ekonomi Tanggung jawab kita, serta Ceramah Pengusaha Syarikat Islam Sandiaga S. Uno mengenai Penguatan Dakwah Ekonomi dalam Kemajuan Bangsa. Setelah itu akan dilanjutkan dengan Sidang-Sidang Komisi dalam Mukernas III tersebut,” terangnya.

Milad Syarikat Islam ke-114 tahun 2019 ini, ujar Taufik, akan diakhiri dengan Pengajian tingkat nasional Kaum SI yang diselenggarakan dengan menghadirkan sekitar 12500 – 15000 jama’ah di Masjid Istiqlal Jakarta, pada tanggal 17 November 2019.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya pengajian ini sekaligus sebagai ajang silaturahim Kaum SI dengan menghadirkan pejabat pemerintahan antara lain Menteri Agama Republik Indonesia dan tokoh-tokoh nasional. Pada event silaturrahim dan pengajian nasional tahun 2019 ini secara khas akan diadakan bazar dari kaum Syarikat Islam, pemberian hadiah kepada Pemenang Lomba Gerakan Petani Bercerita dan Petani Menulis, serta Pemberian Penghargaan kepada 2 orang dari Kaum Syarikat Islam yang secara rutin setiap bulan memberikan wakaf uang kepada Lembaga Wakaf Syarikat Islam,” tutup Taufik.

sumber: suarasi.com

News Feed