by

NAPAK TILAS HOS TJOKROAMINOTO DI BANJARNEGARA

Banjarnegara – Keberadaan rumah tua di Banjarnegara kota ternyata cukup banyak. Salah satunya Rumah milik Oten Pardikin Partoadiwijoyo yang beberapa waktu lalu telah dikunjungi Komunitas Cagar Budaya Banjarnegara melalui kegiatan Napak Tilas Rumah Tua Banjarnegara.

Rumah milik mantan Ketua Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII) tahun 1930 an ini, pada masanya adalah rumah singgah bagi pahlawan nasional HOS Tjokroaminoto ketika melakukan kunjungan beberapa kali ke Banjarnegara. (Mengutip rri.co.id/ROBIN ABDULRAHMAN)

Melansir tribunjateng/khoirul muzaki/galih permadi dalam sejarah perjuangannya, Tjokroaminoto memang sering berkunjung ke Banjarnegara.

Karya esay siswa SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara, Agung Dwi Laksono tentang sejarah jejak raja tanpa mahkota di Banjarnegara yang kami kutip dari tribunjateng disebutkan dalam dokumen Bataviasche Neusblad Tjokroaminoto pada 28 Desember tahun 1913, Tjokroaminoto dijadwalkan ke Banjarnegara untuk menghadiri pendirian afdeling atau cabang Syarikat Islam (SI).

Kemudian tahun 1920, Tjokroaminito datang ke Banjarnegara lagi untuk membantu anggota SI yang terkena masalah hukum.

Menurut Agung, kehadiran Tjokro paling monumental adalah saat Kongres SI tahun 1934 yang merupakan Kongres terakhir sebelum Tjokro wafat.

Dan Rumah yang menjadi tempat singgah Tjokro saat berkunjung ke Banjarnegara itu berada di pojok perempatan sebelah barat laut alun-alun Banjarnegara. Di sana, terdapat jalan HOS Partoadiwijoyo.

“Nama jalan itu mungkin yang dimaksud adalah Oten Pardikin Partoadiwijoyo. Sehingga seharusnya kesalahan itu (nama jalan) diperbaiki. Agar masyarakat tidak salah kaprah, karena banyak yang menganggap kalau Partoadiwijoyo adalah nama anak HOS Tjokroaminoto,” kata Agung yang berhasil lolos 10 besar lomba esay sejarah tingkat nasional yang diselenggarakan Jurusan Sejarah Universitas Negeri Semarang (Unnes) berkat karya tulisannya tentang sejarah jejak raja tanpa mahkota di Banjarnegara itu.

sumber: wonosobozone.com

News Feed