by

Cicit HOS Tjokroaminoto Berbagi Kiat Cara Mendidik Anak Ala HOS Tjokraminoto

Jakarta, suarasi.com – Banyak orang tua yang terkadang salah kaprah dalam mendidik anak. Padahal, mendidik anak merupakan hal yang sangat penting bagi orang tua yang cerdas dalam rangka menumbuhkembangkan anak menuju generasi cerdas kedepan.

Kiat bagaimana mendidik anak menjadi generasi cerdas orang tua inilah yang disampaikan oleh Aulia Takhim Tjokroaminoto yang juga cicit dari bapak bangsa, Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto melalui acara diskusi bertajuk Smart Parenting dengan tema
“Pendidikan anak menurut Moeslem National Onderwijs” di Restoran Raja Ayam, Bandung, Rabu (28/9).

“Mbah HOS Tjokoraminoto sering mengatakan bahwa setiap anak adalah unik. Mereka memiliki kecerdasan masing masing. Tugas orang tua dan juga guru untuk menstimulasi kecerdasan anak,” ujar Aulia Takhim atau yang akrab disapa Willy ini.

Willy Tjokroaminoto yang juga sekarang menjadi Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam ini menilai konsep kecerdasan bukan lagi sebatas IQ, tapi menurut Howard Gardner, ada 8 kecerdasan, yakni Kecerdasan Spasial, Kecerdasan Kinestesis, Kecerdasan Musik, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Naturalis, Kecerdasan Logika dan Kecerdasan Bahasa.

“Mengajak orang tua agar tidak mematikan rasa ingin tahu anak. Ketika anak bertanya, kita sebaiknya jangan memberi jawabannya secara langsung, tapi ajak anak untuk bersama sama menganalisa,” tambahnya.

Willy mengatakan upaya menumbuhkan kecerdasan bagi anak merupakan hal yang wajib dilakukan, agar anak kedepan tumbuh menjadi generasi yang cerdas. “Masa masa golden age agar diisi dengan afektif, psikomotorik dan struktur berfikir,” tutup Willy.

sumber: suarasi.com

News Feed