by

Menuju 114 Tahun Syarikat Islam, PB SEMMI Ziarah ke Makam HOS Tjokroaminoto

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Yogyakarta, semmi.id – “Menuju 114 tahun Syarikat Islam (16 Oktober 1905) mari kita bersama-sama berdoa kepada Allah agar organisasi ini dan tuan guru HOS Cokroaminoto selalu diingat sumbangsih dan perjuangannya dalam peradaban bangsa ini dari generasi ke generasi,” ujar Ketua Bidang Lingkungan Hidup Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI), Amirullah Hijrian, saat mendampingi Ketua Umum PB SEMMI, Bintang Wahyu Saputra berziarah ke makam pendiri Syarikat Islam, HOS Tjokroaminoto, di Yogyakarta, Jawa Tengah, Kamis (19/9).

SEMMI, kata Amirullah, merupakan organisasi serumpun Syarikat Islam yang didirikan pada 02 April 1956 oleh ketua DPR, yakni tuan Arudji Kartawinata di Jakarta. “Kita sebagai kaum muda dan mahasiswa seharusnya kembali kepada khittah perjuangan Syarikat Islam. Dimana Tuan Guru HOS Cokroaminoto mencetak 3 Ideologi dalam sumbangsih peradaban bangsa ini, yaitu Nasionalis, Agamis dan Sosialis,” tambahnya.

BACA JUGA:   Isu penggelapan dana untuk jatuhkan Bintang Wahyu Saputra Sebagai Ketua Umum PB SEMMI

Secara khusus, dalam ziarah ini, lanjut Amirullah, PB SEMMI bersama-sama dengan presiden mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta dan bidang luar negerinya. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Idin selaku kuncen makam tuan guru HOS Cokroaminoto yang telah menjaga dan merawat makam tuan guru sebagai bentuk kecintaan terhadap sejarah bangsa ini,” ucapnya.

Sementara itu, Bintang Wahyu Saputra selaku Ketua Umum PB SEMMI menambahkan bahwa penanaman ideologi dan perawatan sejarah Syarikat Islam harus terus dilakukan agar sejarah bangsa Indonesia tidak hilang dan tujuan dari Syarikat Islam dalam mencapai kemerdekaan sejati terwujud. “UCY merupakan basis ideologi Syarikat Islam sampai hari ini yang masih konsisten menjaga dan merawat pemikiran pemikiran tuan guru bangsa Indonesia Jang Oetama HOS Tjokroaminoto,” tegasnya.

BACA JUGA:   Cipayung Plus DKI Jakarta: Tolak Omnibus Law Cipta Kerja!

Untuk diketahui, Basis pengajaran di Universitas Cokroaminoto Yogyakarta adalah nilai-nilai Islami, namun bukan eksklusif diperuntukkan untuk mahasiswa Islam saja karena kenyataan terdapat mahasiswa/i dari berbagai agama juga mengikuti perkuliahan di sana. Karena menyandang nama Pahlawan Nasional HOS Cokroaminoto, maka nilai-nilai perjuangan Syarikat Islam juga menjadi inspirasi dalam kegiatan pengajaran.

Selanjutnya dalam rangka 114 tahun Syarikat Islam, PB SEMMI mengajak bersama-sama organisasi serumpun Syarikat Islam dan mahasiswa Universitas Cokroaminoto di daerah-daerah Indonesia untuk merefleksikan perjuangan tuan-tuan guru dengan kegiatan yang manfaatnya sangat besar untuk rakyat, bangsa dan negara ini.

News Feed