by

7 Artis Keturunan Pahlawan, Cucu Agus Salim hingga Cicit HOS Cokroaminoto

Print Friendly, PDF & Email

AKURAT.CO, Menjadi keturunan seorang pahlawan dan pejuang memang patut bangga. Betapa tidak, tanpa adanya jasa-jasa dari mereka, mungkin sampai saat ini kita tidak bisa menikmati kemerdekaan.

Rasa bangga itu juga patut dirasakan oleh 7 artis berikut ini. Pasalnya, artis-artis ini juga ternyata masih keturunan dari pahlawan dan pejuang bangsa. Wah, nggak nyangka ya!

1. Dewi Yull

Instagram/dewiyullofficial

Bagi generasi 1970an sampai 1990an tentu tidak asing dengan artis yang satu ini. Dewi Yull mulai berkiprah di dunia hiburan sebagai penyanyi pop keroncong.

Namun siapa sangka, wanita kelahiran 10 Mei 1961 ini ternyata cicit dari tokoh kebangkitan nasional yang juga dikenal sebagai Bapak Pers Nasional, R.M. Tirto Adhi Soerjo.

2. Dian Sastrowardoyo

Instagram/therealdisastr

Artis pemeran Cinta dalam film “Ada Apa Dengan Cinta” (AADC) ini rupanya masih memiliki darah keturunan pejuang lho. Dian Sastrowardoyo merupakan cucu dari Prof. Mr. Sunario Sasrtrowardoyo.

Sunaryo merupakan tokoh pergerakan nasional, dan pernah menjabat sebagai pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda.

BACA JUGA:   4 November 1954 Agus Salim Meninggal Dunia

3. Karina Salim

Karina Salim menjadi deretan artis selanjutnya yang memiliki garis keturunan pejuang. Artis yang bermain di film Durable Love ini merupakan cucu dari pahlawan nasional, H. Agus Salim.

H. Agus Salim sendiri merupakan tokoh penting bagi sejarah Indonesia. Ia merupakan salah satu pejuang kemerdekaan dan pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri pada era Presiden Soekarno.

4. Maia Estianty

Instagram/maiaestiantyreal

Tentu kamu tidak menyangka jika Maya Estianty ini merupakan cicit dari seorang tokoh nasional yang namanya besar dalam sejarah Indonesia. Ya, Maya Estianty merupakan cicit dari HOS Cokroaminoto.

Cokroaminoto sendiri dikenal sebagai salah satu bapak pergerakan nasional dengan organisasi yang ia dirikan, Sarekat Islam (SI). HOS Cokroaminoto juga merupakan guru bagi tokoh besar bangsa seperti Soekarno.

5. Asri Welas

Instagram/@asri_welas

Asri Welas juga menjadi salah satu artis yang masih memiliki darah pejuang bangsa. Asri diketahui merupakan keturunan ke-7 dari pejuang kemerdekaan, Pangeran Diopnegoro.

BACA JUGA:   Sandiaga Sebut 9,7 Juta Orang RI Kini Menganggur

6. Setiawan Djodi

Instagram/@kofama_official

Musisi senior Setiawan Djody juga merupakan keturunan dari pahlawan nasional. Musisi yang juga alumni Filsafat dari Universitas California ini diketahui merupakan cucu dari Wahidin Sudirohusodo.

Wahidin sendiri merupakan salah satu tokoh penggagas berdirinya organisasi pelajar School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) Jakarta.

7. Celine Evangelista

Instagram/@celine_evangelista

Artis cantik Celine Evangelista juga masuk dalam daftar artis keturunan pejuang. Dalam sebuah foto yang ia unggah di Instagram, Celine membagikan momen di mana ia sedang berziarah di makam kakek buyutnya di Makassar yang merupakan tokoh pejuang, yakni H. Fadeli Luran.

H. Fadeli Luran sendiri merupakan tokoh nasional yang memiliki cita-cita persatuan umat muslim di Indonesia. Ia kemudian mengajak H.M. Daeng Patompo dan Andi Baso Amir untuk mendirikan organisasi sebagai wadah kesatuan umat.

Itulah 7 artis yang ternyata keturunan dari pahlawan dan pejuang bangsa. Cukup membanggakan bukan?[]

Editor: Ahada Ramadhana

sumber: akurat.co

News Feed