by

Hamdan Zoelva : ‘Kurbankan’ dan ‘Sembelih’ Rasa Benci, Rasa Permusuhan serta Perselisihan untuk Membangun Solidaritas dan Persaudaraan

Bogor, SuaraSI.com – Dalam suasana Idul Adha ini, dengan modal keikhlasan dan kesucian hati, menjadi momentum bagi kita semua untuk bersatu dan kompak kembali, setelah pemilihan umum yang membuat kita terbelah karena berbeda pilihan dan dukungan, bahkan perbedaan itu bisa terjadi antara saudara dan keluarga, suami dan isteri. Apalagi dalam pemilihan presiden dan wakil presiden, masyarakat terbelah dalam dua kelompok besar sesuai arah dukungan masing-masing.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah/Pimpinan Pusat Syarikat Islam, Dr. Hamdan Zoelva, SH. MH, saat khutbah dengan tema ‘Refleksi Idul Adha dalam Kehidupan Berbangsa’ di Komplek Perumahan Cikal Harapan, Jonggol, Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/8).

BACA JUGA:   Bandingkan Nabi Muhammad dengan Sukarno, Sukmawati Diminta Belajar tentang Islam

Mari kita pergunakan momentum Iedul Adha ini, lanjut Hamdan, untuk saling mengurbankan dan menyembelih rasa benci, rasa permusuhan serta perselisihan diantara kita karena perbedaan pilihan dalam pemilihan umum, demi persaudaraan dan kebersamaan kita sebangsa dan setanah air.

“Jika pada saat pemilu, kita tersekat karena dukungan dan pilihan yang berbeda, sekarang saatnya kita bersatu, ikut membangun bangsa dan negara yang kita cintai,” tegas Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2013-2015 ini.

Hamdan menambahkan pemilihan presiden adalah mekanisme belaka, yang dilakukan setiap lima tahun untuk memperoleh pemimimpin yang didukung rakyat. “Janganlah akibat pemilihan umum kita bercerai berai dan terus terbelah,” tukasnya.

BACA JUGA:   Di Munas GPMI, Anies Singggung Arti Persaudaraan

Dalam khutbah nya, Hamdan juga menyampaikan bahwa Allah telah mengingatkan kita semua untuk selalu bersatu dalam tali Allah dan jangan bercerai berai dan bermusuh-musuhan. Seperti firman Allah “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika sebelumnya bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu” (QS. Ali Imran : 103)

“Ayo kita bangun solidaritas dan persaudaraan yang tulus dalam suasana kebahagiaan merayakan Idul Adha,” ajak Hamdan.

sumber: suarasi.com

News Feed