Meski Tak Setegang Pilpres, Sidang PHPU Pileg Bakal Rumit

by admin
1 views
RMOLJabar. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Hamdan Zoelva menerangkan, bahwa persidangan PHPU Pileg nanti pada prosesnya banyak kerumitan.
“Saya kira nanti pada saat sidang PHPU Pileg akan banyak kerumitan dan komplek, tetapi biasanya tidak setegang PHPU Pilpres tentunya,” kata Hamdan kepada Kantor Berita RMOLJabar, disela kegiatan pelantikan PC HMI di gedung KNPI Majalengka, Rabu (3/7).

“Kenapa saya bilang akan menghadapi banyak kerumitan dan kompleks, karena ini berbicara tentang banyak keterlibatan pihak di dalamnya termasuk Internal Partai dan Eksternal,” tambahnya.

BACA JUGA:   100 Tokoh Bangsa Sebut Ketidakadilan Ditunjukan Pemerintah Saat Menanggulangi Pandemi

Lebih lanjut, Hamdan menjelaskan, bahwa secara jumlah perkara Pileg Tahun 2019 ini menurun dibanding dengan Pileg sebelumnya.

“Kalau kita lihat secara jumlah kasus PHPU Pileg Tahun ini sekitar 350 perkara setengahnya dibanding dengan Pileg Lima Tahun yang lalu,” paparnya.

Hamdan juga mewanti-wanti kepada para peserta Pileg yang melayangkan gugatannya ke MK, harap untuk bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang, jauh sebelum proses persidangan dimulai.

BACA JUGA:   Hamdan Zoelva: Peraturan KPK Soal TWK Batasi HAM

“Kepada para parpol harap bisa siap-siap pada saat sudah masuknya berkas agar nanti sudah fokus terhadap materi apa yang menjadi gugatannya, jangan sampai pada waktunya tidak bisa maksimal didepan Hakim,” tandasnya. [aga] 

sumber: rmoljabar.com

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini