by

Syarikat Islam Merupakan Organisasi Pertama Berdiri di Kalbar

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Syarikat Islam Merupakan Organisasi Pertama Berdiri di Kalbar

PONTIANAK – Organisasi politik pertama yang berdiri di Kalimantan Barat adalah Syarikat Islam tahun 1914, seperti yang dikutip dari laman web Provinsi Kalbar, dalam waktu singkat Syarikat Islam berkembang dengan cepat, dimana perkembangannya ditunjang pula oleh para raja dan bangsawan.

Pada tahun 1922, lahir organisasi baru beraliran komunis, bernama Syarikat Rakyat. Organisasi ini dipimpin oleh Gusti Sulung Lelanang, mantan aktivis Syarikat Islam.

BACA JUGA:   3 September 2020 Salam Radio dengan topik Geliat Syarikat Islam di Nusa Tenggara Timur

Organisasi lainnnya yang terbentuk di Kalimantan Barat adalah Muhammadiyah. Cabang organisasi Islam ini dibuka oleh dua orang guru agama dari Sumatera Barat.

Mulai tahun 1932, Muhammadiyah berkembang pesat, mereka membuka cabang di Pontianak, Sungai Bakau Kecil, Singkawang, dan Sambas.

Tahun 1936, Partai Indonesia Raya (Parindra) membuka cabangnya di Kalimantan Barat. Setelah itu, mereka membuka cabang di beberapa wilayah Kalimantan Barat seperti di Pontianak, Ngabang, Sambas, dan Singkawang.

BACA JUGA:   Webinar PW Syarikat Islam NTB, 28 Agustus 2020

Selain pergerakan yang merupakan cabang dari Jawa, muncul pula organisasi politik lokal seperti Persatuan anak Borneo. Namun organisasi ini berada di bawah pengaruh Belanda, dan tidak berperan dalam memunculkan kesadaran kebangsaan.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: madrosid

sumber: tribunnews.com

News Feed