by

Negara Rugi 55 Trilliun, Praktisi Bongkar Skandal Investasi PT KCN

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kantor Jasa Penilai Publik Immanuel, Johnny & Rekan (KJPP IJR) PT. Sucofindo merilis potensi kerugian negara apabila perjanjian konsesi selama 70 tahun antara PT Karya Citra Nusantara (KCN) dengan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) V Marunda tidak dibatalkan.

“Dari sisi mekanisme penilaian aset atau appraisal yang telah kami lakukan, maka dapat diprediksi potensi kerugian PT. Kawasan Berikat Nusantara (KBN) senilai 55,8 Trilliun”, tutur Immanuel Sitompul, pimpinan KJPP IJR PT. Sucofindo dalam pernyataan tertulisnya.

Ditemui di tempat terpisah Kuasa Hukum PT. KBN telah melakukan verifikasi informasi tersebut. “Ya benar, memang seperti itu kondisinya. Saya sudah baca laporan dari Sucofindo, mereka KJPP independen. Jadi kalau mereka bilang rugi 55 Trilliun, berarti memang segitu potensi kerugiannya”, papar Hamdan Zoelva di Gedung Kerucut KONI kepada media pada Kamis (27/06/2019).

Hamdan menjelaskan bahwa PT. KTU telah menodai investasi.

“Jadi kronologisnya PT. Karya Teknik Utama (KTU) menjadi pemenang lelang yang diselenggarakan oleh PT. KBN. Mereka sepakat membuat perusahan bersama yang diberi nama PT. KCN. Menurut Adenddum III nomor: 001/ADD/SPKS/DRT.5.3/10/2014 proporsi sahamnya adalah 50% KBN dan 50% KTU. Proporsi saham ini telah disepakati kedua belah pihak dan disahkan dalam RUPSLB PT. KCN namun sampai sekarang PT. KTU tidak pernah melakukan penyetoran atas saham baik berupa uang ataupun bangunan Pier I hingga saat ini,” ungkap Hamdan.

BACA JUGA:   8 September 2020 Program Salam Indonesia Bisa Penyejuk Hati bersama Dr. H. Hamdan Zoelva, SH.MH

Selain belum menyetorkan kewajiban modal saham, tambah Hamdan PT. KTU melakukan pembangunan pelabuhan Merunda tanpa izin dari PT. KBN. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta selaku pemilik 26% saham PT. KBN memerintahkan PT. KTU untuk berhenti melakukan pembangunan Pelabuhan Merunda

“Karena tidak memiliki izin reklamasi dan izin AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) aktivitas pembangunan yang di lakukan PT. KTU harus di gentikan,” jelas Hamdan.

Menurut Hamdan PT. KTU sama saja mengambil aset negara.

“Setelah 2 kasus sebelumnya belum selesai, PT. KTU ini buat masalah lagi. PT. KCN dibawah kendali perintah PT. KTU melakukan kerjasama dengan KSOP V Marunda tanpa persetujuan PT. KBN. Dalam perjanjian tersebut ada 2 pelanggaran yang dilakukan oleh PT. KTU. Pertama merubah status pelabuhan merunda dari pelabuhan khusus menjadi pelabuhan umum, kedua mengajukan sertifikat pengelolaan atas nama PT. KCN. Berdasarkan Keppres No. 11 tahun 1992 status kawasan tersebut tidak boleh berubah, jika berubah maka harus atas nama PT. KBN bukan PT. KCN. Ditambah lagi perjanjian antara PT. KCN dengan KSOP Marunda V itu selama 70 tahun. Sekarang memang hanya sewa tapi 70 tahun lagi, mereka akan menganggap bahwa pemiliknya adalah PT. KCN, setelah 70 tahun orang akan lupa kalau pemilik resmi kawasan Marunda adalah PT. KBN. Ini namanya investasi yang pelan pelan mencuri aset negara”, ujar Hamdan.

BACA JUGA:   25 Agustus 2020 Kajian Islam Dan Konstitusi Bersama Dr. H. Hamdan Zoelva

Hamdan menegaskan bahwa skandal investasi PT. KCN sudah batal demi hukum. “PT. KBN sudah menang di PN Jakarta Utara dan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Obyek sengketa yaitu perjanjian konsesi selama 70 tahun antara PT. KCN dan KSOP V Marunda terhadap aset PT. KBN di Pelabuhan Marunda merupakan perbuatan melawan hukum, cacat hukum, tidak sah, serta batal demi hukum. Jadi apapun yang diucapkan PT. KTU atau PT. KCN kalau dasar hukumnya bukan Adenddum III dan Akta Perubahan maka jangan dipercaya. Mereka ngomong suka kemana mana, apalagi kalau sampai menyerang personal atau tokoh di PT. KBN. Mereka sudah kalah dimata hukum, jadi cari cara lain untuk menang tapi di luar substansi kasus,” ujar Hamdan.

sumber: tribunnews.com

News Feed