by

Hamdan Zoelva Imbau Tak Ada Aksi Massa Saat Putusan Sengketa Pilpres

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Liputan6.com, Jakarta – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva mengimbau, kepada seluruh pihak untuk tidak melakukan aksi massa saat sidang putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

“Ya tunggu sajalah putusan lembaga pengadilan ya,” kata Hamdan seperti dilansir dari Antara, Sabtu (22/6/2019).

Hamdan menambahkan bahwa jika tetap ada kelompok yang melakukan aksi unjuk rasa, diharapkan dilakukan secara damai dan teratur.

Terkait adanya rencana PA 212 yang akan melakukan aksi halalbihalal pada saat pembacaan putusan MK, ia meminta agar aksi tersebut tidak dilakukan.

BACA JUGA:   Umi Eka Minta Restu ke Tuan Guru H Muhammad

“Halalbihalal di rumah sajalah untuk apa juga halalbihalal di lapangan,” kata Hamdan yang juga Ketua Umum Syarikat Islam ini


Sidang Masih Berlangsung

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman memastikan, putusan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2019 akan sesuai jadwal yakni paling lambat 28 Juni 2019.

“Insyaallah, tunggu saja, 28 Juni (putusan) paling lambat,” kata Anwar setelah menghadiri pemakaman putra Ketua Mahkamah Agung (MA) di TPU Karet Bivak, Jakarta, Sabtu (22/6/2019).

BACA JUGA:   Syarikat Islam: Penusukan SAJ Tindakan Persekusi Ulama

Menurut Anwar, hingga saat ini belum ada rapat pertimbangan putusan karena masih dalam tahap pemeriksaan saksi persidangan.

“Kami habis sidang tadi malam sudah mulai bahas kecil-kecilan. Ini juga mau kembali ke kantor,” ucap Anwar.

Sidang pemeriksaan sengketa PHPU Pilpres 2019 saat ini masih berlangsung mendengarkan keterangan para pihak hingga 24 Juni 2019.

Selanjutnya, MK akan melakukan rapat pemusyawaratan hakim pada 25 hingga 27 Juni, kemudian putusan akan sampaikan pada 28 Juni 2019 mendatang.

sumber: liputan6.com

News Feed