by

Gubernur Ganjar kenang saat Ani Yudhoyono makan garang asem

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri prosesi pemakaman Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawawan Kalibata, Jakarta. Ganjar yang berada di Jakarta untuk mengikuti program mudik gratis Pemprov Jateng, memiliki sejumlah kenangan bersama Ibu Negara periode 2004-2014.

Ganjar mengaku masih ingat saat istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, diajak makan siang dengan garang asem yang dibungkus daun pisang. Saat itu Ani mendampingi SBY yang masih berstatus sebagai presiden, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kudus.

Garang asem merupakan makanan olahan ayam dengan sedikit kuah. Saat itu, Ani bertanya apakah diperbolehkan makan menggunakan tangan tanpa sendok.

“Ibu Ani menyampaikan bahwa beliau akan memakan menggunakan tangan, dan beliau makan asyik sekali, themal-themel (lahap), tidakjaim sama sekali, beliau nikmat riang,” kata Ganjar di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6).

Ganjar juga mengingat pertemuannya dengan perempuan bernama Kristiani Herrawati, saat ia mendampingi SBY meninjau pembangunan jalan tol Semarang-Solo. “Saat itu, beliau menyampaikan bahwa ini adalah jalan tol paling indah,” kata Ganjar.

BACA JUGA:   Pro Kontra Wacana Amandemen UUD 1945

Ingatan lain tentang Ani, adalah saat Ganjar maju bersama Taj Yasin Maimoen di Pilgub Jateng 2018. Partai Demokrat merupakan salah satu pendukung pasangan tersebut.

Kala itu, SBY urung menjalankan rencana mengikuti kampanye Ganjar. Namun SBY sempat bertemu dengan Ganjar di Tegal, dan mengutarakan dukungannya.

“Bu Ani saat itu menyampaikan kepada saya selamat dan meyakinkan bahwa saya akan menang dengan hangatnya,” ujarnya.

Sponsored

Ganjar mengatakan, Ani merupakan figur ibu yang baik dan sosok istri yang sempurna. Ia tak pernah absen mendampingi SBY dalam setiap kegiatannya.

“Sebagai ibu, beliau sangat baik kepada putra-putranya. Tampilan (kedekatan) Pak SBY dan Bu Ani sebagai keluarga yang hangat, setelah pensiun dengan cucu-cucunya, juga selalu bermain dan menyenangkan,” kata Ganjar.

BACA JUGA:   Ketum LT SI acara Makan Siang di Rumah Dinas Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Hal serupa diungkapkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi 2013-2015 Hamdan Zoelva, saat melawat ke rumah duka di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

“Bu Ani sangat perhatian dengan Pak SBY, selalu menemani. Dalam keadaan apapun, Bu Ani tidak pernah terlihat lelah,” katanya.

Saat ini, prosesi pemakaman Ani Yudhoyono tengah berlangsung di TMP Kalibata. Demi kelancaran, aparat keamanan mengerahkan ratusan personel untuk berjaga di sekitar lokasi.

“Kami sudah menyiapkan sekitar 250 personel gabungan TNI-Polri,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di TMP Kalibata.

Argo melanjutkan, personel telah disiapkan untuk berjaga di seputar Taman Makam Pahlawan. Personel gabungan juga akan membantu para personel Paspampres bersiaga di sekitar area makam.

sumber: alinea.id

News Feed