by

Desakan Usut KPPS Meninggal Menguat, KAHMI: Ini Tragedi Memilukan

Print Friendly, PDF & Email

JAKARTA – Majelis Nasional Koprs Alumni Himpunan Maha siswa Islam (KAHMI) mengajak segenap seluruh pihak peduli kepada kejadian meninggalnya ratusan petugas Kubu Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), pengawas Pemilihan Umum, member kepolisian waktu menjalankan tugas pada Pemilihan Umum Serentak 2019.

KAHMI mengatakan dengan tegas supaya perhatian tidak sebatas menyampaikan pernyataan, tapi juga tekad bulat untuk mengungkap penyebab mereka meninggal.
“Tidak berhenti pada wacana dan pernyataan keprihatinan semata, tapi Penting membangun tekad bulat dan perhatian berbarengan supaya misteri jatuhnya korban jiwa cepat terungkap,” kata Koordinator Presidium MN KAHMI, Hamdan Zoelva dalam Penjelasan tertulis yang diterima SINDOnews, Jumat (10/5/2019).

BACA JUGA:   Panggil Anies Pakai Pasal 93, Mantan Ketua MK : Salah Pasal

Menurut Hamdan, meninggalnya banyak petugas Pemilihan Umum Adalah tragedi kemanusiaan yang amat memilukan dan mencederai Pelaksanaan Pemilihan Umum 2019.

KAHMI, lanjut Hamdan, memotivasi pembentukan Tim Pencari Fakta (TPF) untuk mengungkap meninggalkan para petugas Pemilihan Umum.

“Langkah tersebut tidak saja untuk menciptakan Kedamaian dan mengakhiri bermacam spekulasi di masarakat, tetapi juga dimaksudkan untuk antisipasi ke depan supaya tragedi kemanusiaan tersebut tidak terulang kembali,” kata Hamdan.

Hamdan juga memotivasi evaluasi menyeluruh kepada Pelaksanaan Pemilihan Umum untuk menciptakan desain Pemilihan Umum yang lebih pas, bermartabat, berkeadilan, dan yang manusiawi.

BACA JUGA:   Anies Baswedan Dikenakan UU Kekarantinaan, Mantan Ketua MK: Salah Pasal, Karantina Beda dengan PSBB

“MN KAHMI menginstruksikan untuk semua aparatnya di daerah (majelis wilayah dan majelis daerah) supaya memberi atensi dan peduli kepada masalah tersebut serta proaktif dalam mendata dan menghimpun info yang cermat atas korban jiwa, baik yang wafat maupun dalam perawatan,” kata eks Ketua Mahkamah Konstitusi ini.

sebelum ini, sokongan pembentukan tim spesial untuk mengungkap meninggalnya petugas Pemilihan Umum sudah disampaikan bermacam pihak. Langkah investigasi dianggap penting untuk mengungkap penyebab kejadian ini.

(dam)

sumber: wartabatavia.com

News Feed