by

Syarikat Islam Akan Mengembangkan Bisnis Taman Rusa Purwakarta (Tarupa) Dan Pesantren

Print Friendly, PDF & Email

Rapat Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidziah  & Yayasan Syarikat Islam Raudhatul Qur’an di Kantor Dagang Syarikat Islam (Pusat Pengembangan Ekonomi Kerakyatan), di Bekasi, Rabu, 1 Mei 2019.

Syarikat Islam melalui Yayasan Syarikat Islam Raudatul Qur’an (SI-RQ), mengadakan rapat dengan agenda: perkembangan kegiatan Yayasan yaitu PENGEMBANGAN BISNIS PARIWISATA TAMAN RUSA, BUMI PERKEMAHAN DAN PESANTREN DI PURWAKARTA. Rapat Yayasan SI-RQ dipimpin oleh Ketua Pembina Yayasan: Dr. Hamdan Zoelva, SH, MH.

Sebagaimana diketahui bahwa Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidziah Syarikat Islam pada tahun 2018 yang lalu telah menandatangani kerjasama dengan Perhutani dalam hal pemanfaatan tanah seluas 28 ha di Purwakarta, dimana Yayasan Syarikat Islam Raudatul Qur’an yang akan mengelola tanah di area tersebut yang akan dibuat beberapa zona yaitu: (1) zona pesantren seluas kurang lebih 6 ha; (2) zona hutan; (3) zona perkemahan hutan. Di zona hutan akan dikembangan beberapa objek wisata antara lain rumah inap gantung, kolam renang gantung, restoran gantung, jungle coster dan pesta pernikahan hutan; (4) zona taman rusa. (ini adalah destinasi utama di taman rusa purwakarta bukan hanya sebagai penangkaran tapi juga penelitian dan pengembangan kearah domestikasi rusa); (5) zona outbond menyediakan fasilitas outbond baik di darat maupun di air; (6) zona outdoor hall adalah aula terbuka untuk menyelenggarakan event-event besar seperti tabligh akbar, konser dan pameran; (7) zona komersial; (8) zona parkir; (9) hutan buah-buahan; (10) zona bumi perkemahan Haji Agus Salim dimana ada 3 fasilitas perkemahan yaitu: a. Perkemahan keluarga dengan gembira, b. perkemahan hutan diperuntukkan bagi yang mencintai hutan, c. bumi perkemahan ada dua zona yaitu zona untuk para pembina dan zona untuk para pramuka pelajar. Disamping itu juga akan dibangun masjid yang akan digunakan oleh para pengunjung.

BACA JUGA:   Ketua Pimpinan Syarikat Islam Desak Jokowi Usir Dubes Prancis dari Indonesia

Disamping itu, diatas tanah Taman Rusa Purwakarta (Tarupa) tersebut juga akan dibuat danau buatan yaitu biota air yang dibangun untuk melengkapi nuansa alami dimana akan dibangun resto kapal phinisi, café dermaga dan jembatan gantung.

Selain tanah Taman Rusa Purwakarta (Tarupa) seluas 28 ha tersebut diatas, Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfiziah Syarikat Islam bekerjasama dengan Perhutani yang akan mengelola tanah seluas 33 ha, dan 112 ha yang ada di Purwakarta. Tanah seluas 33 ha akan dibuat perjanjian kerjasama dengan Perhutani dimana tanah tersebut digunakan untuk perkebunan dan kawasan khusus. Sedangkan tanah seluas 112 ha akan dipergunakan untuk perkebunan kopi.

BACA JUGA:   Tasyakkur Milad ke-115 Syarikat Islam melalui virtual pada hari Jumat, 16 Oktober 2020 pukul 19.00 WIB

Dalam rapat juga disepakati perubahan struktur kepengurusan Yayasan dimana Saudara Syafruddin Josan beralih dari wakil ketua menjadi wakil sekretaris, sedangkan Bendahara diganti oleh Nunung Suhudiah, sedangkan Eha Nurhayati menjadi Wakil Bendahara.

News Feed