by

Wapres JK: Makin Cepat Makin Baik Pak Jokowi Bertemu Pak Prabowo

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

JAKARTA, iNews.id – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) berharap wacana pertemuan calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dengan nomor urut 02 Prabowo Subianto dapat segera terealisasi. Mengingat, pertemuan keduanya sangat penting guna mewujudkan rekonsiliasi nasional usai pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Dia mengatakan, baik Jokowi maupun Prabowo Subianto, memiliki peran besar untuk meredam potensi gejolak massa pendukung kedua pihak. Selain, dapat memperlihatkan kepada masyarakat para pemimpin telah bersatu.

“Diharapkan tadi makin cepat makin baik apabila Pak Jokowi dapat bertemu dengan Pak Prabowo,” kata JK usai menerima kunjungan tokoh dan pimpinan ormas Islam, di rumah dinas wapres, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin 22 April 2019.

Pertemuan tersebut, menurut mantan ketua umum Partai Golkar ini untuk rekonsiliasi. JK mengatakan semua pihak mendukung pertemuan tersebut agar meredam gejolak yang terjadi di masyarakat. Dengan begitu, rekonsiliasi bangsa bisa tercapai.

“Tentu itu kita semua mendukung apabila ada rekonsiliasi seperti itu sehingga rekonsiliasi di bawah (masyarakat) juga bisa cepat dicapai,” imbuh JK.

BACA JUGA:   Ketua Umum LT SI menjadi Penguji dalam Ujian Terbuka Disertasi Doktor Ilmu Hukum atas nama Suhardi di UIA Jakarta

Menurut dia, masing-masing capres memiliki peran besar untuk meredam gejolak yang terjadi di masyarakat. Selain itu, pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga memiliki peran serupa.

Namun demikian, tokoh dan pimpinan ormas Islam mempunyai peran yang besar memberikan ketenangan kepada masyarakat, meskipun tidak menjadi kewenangannya.

“Ormas yang ada di sini tidak mempunyai suatu kewenangan yang banyak, yang punya kewenangan untuk meredam itu KPU, pemerintah masing-masing calon. Tapi pimpinan ormas, tokoh tokoh Islam itu suatu wibawa ke bawah untuk menenangkan anggota masing-masing,” tutur JK.

Wapres meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU)dapat bertindak jujur, transparan serta bertugas sesuai fungsi dalam penyelenggaraan Pemilu. “Karena apabila KPU menjalankan itu, maka masyarakat akan tenang,” katanya.

Wapres juga meminta masyarakat untuk menunggu hasil penghitungan suara dengan tenang dan menerima hasil apapun yang akan diraih. “Semoga masyarakat tertib dan menunggu dengan sabar tanggal 22 Mei tanpa berbuat kekerasan atau pun perselisihan,” ujar JK.

BACA JUGA:   15 langkah magnet brand dimata hamdan zoelva

Wapres telah mengundang sejumlah pimpinan ormas Islam dan tokoh masyarakat antara lain Ketua PB Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar, cendekiawan muslim Komarudin Hidayat, Ketua Umum DPP Hidayatullah Nashirul Haq, Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafrudin, Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam (SI) Indonesia Hamdan Zoelva, Wakil Ketua Umum PP PERSIS Jeje Zainuddin, dan Ketum PB Al Washliyah Yusnar Yusuf.

Tokoh muslim Mahfud MD, Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas, dan Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid juga hadir pada acara silaturahim itu.

Editor : Djibril Muhammad

sumber: inews.id


Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

News Feed