Pesan Mantan Ketua MK Terkait Sengketa di Pilpres 2019

by admin
10 views

JawaPos.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva tidak menampik akan adanya potensi sengketa dari Pemilu Serentak 2019. Salah satu potensi sengketa itu berkaitan dengan pemilihan presiden (pilpres).

“Dalam sejarah pemilu di Indonesia potensi sengketa selalu ada. Saya juga berkeyakinan hampir bisa dipastikan pemilu (kali ini) akan sampai di MK. Paling tidak dalam sengketa legislatif, mungkin juga sengketa pilpres,” kata Hamdan di kantor KAHMI, Jakarta, Minggu (21/4).

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* Selasa, 19 Oktober 2021 Pukul 06.00 - 06.40 WIB *Salam Penyejuk Hati*

Hamdan menilai akan aneh jika tidak ada sengketa pemilu. Sebab, kondisi lumayan panas usai pemungutan suara serta adanya klaim kemenangan. Maka demikian seluruh masalah yang dipersoalkan dalam pemilu harus diselesaikan di meja MK.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah, pada permasalahan itu jangan sampai menciptakan keributan besar hingga merugikan negara. Untuk itu, sengketa ini akan lebih baik diselesaikan melalui jalur hukum yang ada, yakni MK.

BACA JUGA:   Pemilu 2024, Hamdan Zoelva: Calon Pemilih Masuk ke TPS Harus Sudah Divaksin Covid-19

“Ini adalah proses biasa dan kita sudah mengalami empat kali pemilu dan proses sengketa berjalan biasa saja. Ada ribut, ada pelanggaran, itu proses yang normal terjadi. Yang paling penting ribut enggak sampai ke kerusuhan, tapi masalah-masalah kecil kita selesaikan secara hukum dan proses pengadilan yang ada,” tukas Hamdan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Muhammad Ridwan

sumber: jawapos.com

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini