by

15 Tahun Pakoe Boewono XIII, Ini Harapan Kanjeng Pangeran Hamdan Zoelva Pradotonagoro

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email


Solo, SuaraSI.com – 15 tahun sudah Sri Susuhunan Pakoe Boewono XIII naik tahta menggantikan ayahnya, Pakoe Boewono XII. Di tahun ke 15 naik tahta, ada harapan yang disampaikan oleh Kanjeng Pangeran Hamdan Zoelva Pradotonagoro pada saat acara Tingalandalem Jumenengan dan Kirab Agung di Kesultanan Surakarta Hadiningrat, Solo, Jawa Tengah, Senin (1/4).

“Budaya keraton harus tetap dijaga dan dilestarikan, karena itu negara harus menjaga warisan ini,” kata Ketua Umum Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam ini.

Pria asal Bima, Nusa Tenggara Barat, menambahkan, aset keraton harus buda dikelola dengan baik dan menjadi sumber penghasilan untuk kelanjutan budaya keraton. “Seperti tradisi dan upacara Jumenengan hari ini sudah jarang kita saksikan diberbagai kerajaan di Eropa, tetapi disini masih utuh dengan mempertahankan tradisi yang sangat luar biasa,” tukas Ketua Mahkamah Konstitusi tahun 2013-2015 ini.

BACA JUGA:   Digugat Bulan Lalu, Apa Kabar Gugatan UU Minerba di MK?

Kanjeng Pangeran Hamdan Zoelva Pradotonagoro sangat berkesan dengan sambutan yang diberikan oleh Sri Susuhunan Pakoe Boewono XIII. “Saya sangat berterimakasih kepada Susuhunan Pakoe Boewono yang telah mengundang saya dan menjadikan saya sebagai keluarga keraton. Semoga kondisi kesehatan Susuhunan Pakoe Boewono semakin membaik dan kesultanan Surakarta Hadiningrat baik-baik saja,” harapnya.

Acara Jumenengan dan Kirab Agung memperingati 15 tahun bertahtanya Sri Susuhunan Pakoe Boewono XIII juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, Menteri Dalam Negeri, Tahjo Kumolo, mantan Wakil Ketua DPD RI yang juga pemilik Martha Tilaar sekaligus kerabat keraton, Mooryati Soedibyo, beberapa kesultanan serta raja-raja dari kerajaan di nusantara dan tamu undangan lainnya.

BACA JUGA:   HAMDAN ZOELVA: RELASI ISLAM, NEGARA, DAN PANCASILA DALAM PERSPEKTIF TATA HUKUM INDONESIA

sumber: suarasi.com
Ketua Umum SI
Pakoe Boewono XIII
sumber: www.si.or.id

News Feed