by

Ormas Islam Dukung Percepatan Pemekaran Garsela

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

GARUT KOTA – Ulama dan pimpinan organisasi masyarakat (ormas) Islam mendukung percepatan pembentukan wilayah Garut Selatan (Garsela) menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Pemekaran diharapkan bisa lebih menyejahterakan masyarakat di wilayah selatan Garut.

“Kami sangat setuju sekali (pemekaran) dan harus segera dilaksanakan karena wacana ini sudah lama,” ujar Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Garut KH Mohamad Yusup Sapari saat dihubungi Rakyat Garut, Selasa (19/3).

Menurut dia, banyak keuntungan yang bisa dirasakan masyarakat dengan adanya pemekaran. Salah satunya pelayanan pemerintah lebih dekat dan mudah. “Sekarang yang jadi persoalan pelayanan. Jarak tempuh ke kantor pemerintahan lokasinya sangat jauh dan harus mengeluarkan biaya mahal. Kalau sudah dimekarkan kondisi ini tidak akan ada lagi,” terangnya.

Bukan hanya itu, infrastruktur juga akan lebih bagus karena diperhatikan dan dikelola dengan baik. Begitu juga pendidikan akan lebih maju. “Intinya wilayah selatan akan maju karena seluruh potensi akan dikembangkan dengan baik,” terangnya.

BACA JUGA:   Pernyataan Sikap PP/LT Syarikat Islam atas Tindakan Persekusi terhadap Ulama

Melihat dari segi organisasi, pemekaran akan berdampak pada pengembangan dakwah dan kemajuan Islam. Warga Muhammadiyah di Garut Selatan akan lebih fokus dalam membantu gerakan dakwah Muhammadiyah. “Dari sektor ekonomi juga warga Muhammadiyah juga akan banyak mendirikan amal usaha yang bisa memajukan perekonomian di wilayah selatan.

Ketua PC Syarikat Islam Kabupaten Garut KH Atep Mohammad Wahid Kosim mengatakan pemekaran Garut Selatan memang harus dilakukan. Mengingat kondisi wilayahnya sangat luas.

Dengan adanya pemekaran, kata dia, segala potensi di Garut Selatan bisa digali secara optimal. “Kalau dimekarkan segala potensi, baik itu alam, SDM dan yang lainnya bisa terangkat,” ujarnya.

Meski begitu, pemerintah juga harus melihat dulu kesiapan wilayah Garut Selatan dalam hal infrastruktur penunjang dan SDM-nya ketika dijadikan DOB. “Kalau sudah siap semuanya, kami mendukung sekali pemekaran ini,” katanya.

Dengan pembentukan DOB Garsela, anggaran dari pemerintah pusat ke wilayah tersebut akan lebih besar, sehingga pembangunan bisa merata. “Sekarang anggaran dari pusat ke Garut sangat kecil. Tapi kalau sudah ada dua wilayah, anggaran yang turun akan besar,” terangnya.

BACA JUGA:   Ketua PW Syarikat Islam Sumut mengucapkan Dirgahayu Indonesia

Hal senada dikatakan Sekretaris PC NU Kabupaten Garut Deni Ranggajaya. Menurut dia, pemekaran Garut Selatan sangat mendesak. Hal itu untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. “Garut ini terlalu luas. Layaknya dibagi tiga wilayah,” terangnya.

Pemekaran wilayah Garut Selatan, kata dia, perlu disegerakan. Tetapi harus dipastikan kesiapan wilayah tersebut ketika dipisah menjadi DOB. “Jangan sampai ketika dipisah masyarakatnya bukan lebih makmur, tapi malah melarat,” terangnya.

Maka dari itu, kesiapan harus dilakukan dengam baik. Jangan sampai pemekaran juga ditunggangi oleh kepentingan seorang atau kelompok yang ingin menjadi pejabat di daerah baru. “Jadi pemekaran ini harus dipersiapkan dengan matang. Kalau sekarang persiapannya sudah matang, kami sangat mendukung sekali pemekaran dilakukan,” terangnya. (yna)

sumber: radartasikmalaya.com

News Feed