by

Dinilai Hina Pahlawan Agus Salim, PDIP Minta Rocky Gerung Lepas Status WNI

Print Friendly, PDF & Email

Suara.com – PDIP mengecam habis-habisan intelektual et aktivis politik Rocky Gerung, yang dituding menghina Pahlawan Nasional Agus Salim. Itu lantara Rocky menyebut janggut Agus Salim sebagai jenggot kambing.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menilai, pernyataan Rocky tak pantas. Rocky merendahkan martabat bangsa sendiri, dan pernyataan tersebut keluar dari jiwa yang tidak sehat.

“Pernyataan Rocky Gerung tidak pantas diucapkan anak bangsa. Rocky sama sekali tidak memahami bagaimana perjuangan KH Agus Salim yang begitu dihormati dengan kemampuan diplomasinya yang luar biasa. Berkat jasa KH Agus Salim, kemerdekaan Indonesia mendapatkan pengakuan dunia internasional, khususnya negara-negara Timur Tengah,” ujar Hasto kepada wartawan, Kamis (7/3/2019).

Hasto menuturkan, pernyataan Rocky menunjukkan bukti bahwa tim kampanye Capres Prabowo Subianto – Cawapres Sandiaga Uno banyak diisi oleh orang-orang yang tidak memahami budi pekerti.

BACA JUGA:   Gerakan Persaudraan Muslim Indonesia Mengecam dan Mengutuk Youtuber Muhamad Kece

“Ketika lulus HBS, KH Agus Salim menjadi lulusan terbaik se-Hindia Belanda. Hal ini menjadi bukti, betapa hebatnya putra-putri Sumatera Barat. Tidak heran Sumatera Barat banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional termasuk Bung Hatta, Syahrir, Prof Moh Yamin, Hajah Rasuna Said dan masih banyak lagi. Rocky Gerung tidak hanya menghina warga Sumatera Barat, namun juga menghina seluruh bangsa,” ucap dia.

Sebagai konsekuensinya, Hasto mendesak Rocky Gerung untuk melepaskan status kewarganegaraan Indonesia.

“Atas hinaan yang ditujukan kepada KH Agus Salim, PDIP mendesak Rocky Gerung untuk melepaskan kewarganegaraan Indonesia daripada tidak bisa menghormati pahlawan bangsanya,” katanya.

BACA JUGA:   Program Salam Radio Kamis, 12 Agustus 2021 Pukul 20.00 - 21.00 WIB Program Salam Lentera Kebajikan

Hasto menegaskan, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu berencana melaporkan pernyataan Rocky yang menghina Agus Salim ke kepolisian.

Sebelumnya, Ketua Forum Anak Nagari (FAN) Dony Magek Piliang melaporkan Rocky Gerung ke Polda Daerah Sumatera Barat, Selasa (5/3/2019).

Rocky dilaporkan lantaran ucapannya yang dianggap menghina pahlawan nasional asal Sumatera Barat, KH. Agus Salim.

“Laporan ini terkait pelecehan terhadap Agus Salim yang mengatakan Haji Agus Salim punya jenggot kayak kambing. Acara di suatu tempat, saya tidak tahu di mana lokasinya. Tapi itu sudah viral di sosial media dan khusus di Sumatera Barat sudah berseliweran di grup WhatsApp,” ucap Dony Magek.

sumber: suara.com

News Feed