by

Hamdan Zoelva Desak KPU Ubah DCT DPD dan Masukkan Nama OSO

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

PolitikToday – Praktisi hukum dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof. Dr. Hamdan Zoelva, SH mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera menjalankan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta Nomor: 242/G/SPPU/2018/PTUN-JKT terkait gugatan Oesman Sapta Odang (OSO).

Menurut Hamdan, putusan PTUN yang memerintahkan KPU untuk memasukkan nama OSO ke dalam DCT Pemilu 2019 sudah berkekuatan hukum dan harus dipatuhi. Jika KPU tidak menjalankan putusan tersebut maka proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Oktober mendatang terancam tidak sah. Pasalnya KPU RI masih menggunakan Daftar Calon Tetap (DCT) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Pemilu 2019 yang lama.

BACA JUGA:   Eks Ketua MK: Negara Kita Ini Negara Macam Apa, Kok Saling Menjatuhkan?

“Kalau misalnya KPU tidak mengeluarkan surat keputusan baru soal penetapan DCT DPD, maka dia nanti membuat SS (surat suara) itu darimana ? Nanti calon anggota DPD ilegal jadinya. Sebab tidak ada dasarnya. Kan sudah dibatalkan (SK) oleh PTUN,” kata Hamdan di Jakarta, Kamis (14/2/2018).

Politisi Partai Bulan Bintang itu menambahkan, secara ketata negaraan, kelembagaan DPD RI merupakan salah satu bagian dari MPR RI yang bertugas melantik presiden dan wakil presiden pascapemilu. Ia menegaskan jika KPU tak segera melaksanakan perintah PTUN, maka bukan tidak mungkin pelantikan presiden dan wakil presiden berstatus ilegal.

BACA JUGA:   Rindu Kejayaan SI Kota Tasik dalam Menggerakkan Ekonomi Umat

“Itu (pelantikan presiden dan wakil presiden) pasti ilegal,” pungkasnya.

(gg)

sumber: politiktoday.com


Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

News Feed