Hamdan Zoelva: Vonis ke Irman Gusman Mencederai Rasa Keadilan

by admin
3 views
JAKARTA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva menilai, vonis 4,5 tahun kepada mantan Ketua DPD RI Irman Gusman mencederai rasa keadilan. Sebab, vonis tersebut melanggar prinsip yang dipegang teguh dalam dunia hukum.

“Ya, bagi saya mencederai rasa keadilan,” ujar Hamdan saat menghadiri diskusi publik bertajuk ‘Eksaminasi Terhadap Putusan Perkara Irman Gusman’, di hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

BACA JUGA:   Presiden LT Syarikat Islam Keberatan dan Tegas Menolak Namanya Dicantumkan Pada Sekenario Aksi Demo Mahasiswa 11 April

Hamdan mengatakan, penerapan hukum internasional dalam perkara dugaan suap kuota impor gula yang menyeret Irman itu tidak bisa serta merta langsung dapat diterapkan di Indonesia.”Nah, memperdagangkan pengaruh itu sendiri belum masuk ke hukum Indonesia,” katanya.

Sebelumnya Irman divonis penjara selama 4,5 tahun. Dia juga diwajibkan membayar denda sebanyak Rp200 juta subsidair tiga bulan kurungan. Tak terima dengan vonis itu, Irman pun mencoba memperjuangkan hak hukumnya hingga ke ranah Peninjauan Kembali (PK) di Mahkamah Agung.

BACA JUGA:   *Program Salam Radio* Selasa, 12 April 2022 Pukul 06.00 - 06.40 WIB Salam Penyejuk Hati *Kajian Islam dan Konstitusi*

Hamdan pun sangat menyayangkan apabila PK yang diajukan Irman tidak dikabulkan. Sebab, Hamdan mengetahui rekam jejak Irman yang memiliki pribadi yang baik dan menolak segala bentuk praktik korupsi. “Kemudian yang kedua tadi bahwa dari profil latar belakang dan segala aspek, rasa-rasa dia bukan penjahat,” ucapnya.

(whb)
sumber: sindonews.com
Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini