by

KAHMI Bantah Akan Deklarasikan Dukungan kepada Jokowi

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

Beredar undangan deklarasi dukungan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) terhadap paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin yang akan digelar Selasa (5/2) malam. Dalam undangan tersebut, terpasang foto Akbar Tandjung sebagai inisiator acara. Terkait undangan tersebut. Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) mengklarifikasi acara yang akan diselenggarakan malam nanti merupakan peringatan 72 tahun kelahiran KAHMI. Jokowi memang dijadwalkan hadir, namun bukan sebagai capres melainkan sebagai presiden.

Undangan deklarasi dukungan KAHMI-HMI untuk Jokowi Foto: Istimewa

“Bahwa undangan yang kami terima dari Kanda Dr. Akbar Tandjung adalah untuk peringatan 72 tahun kelahiran HMI, serta dimulainya pembuatan film Lafran Pane sebagai pahlawan nasional, yang akan dihadiri oleh Bapak Ir. Joko Widodo Presiden RI pada hari Selasa, tanggal 5 Februari 2019 di kediaman Kanda Dr. Akbar Tandjung, Jalan Purnawarman No. 18 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,” kata Koordinator Presidium KAHMI Hamdan Zoelva dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/2).

BACA JUGA:   15 langkah magnet brand dimata hamdan zoelva

“Dan acara tersebut adalah inisiatif Kanda Dr. Akbar Tandjung,” lanjutnya.

Akbar Tandjung Foto: Hoang Dinh Nam/AFP

Hamdan juga mengungkapkan telah menemui Akbar Tandjung di kediamannya untuk meminta agar tidak ada acara deklarasi dukungan kepada paslon manapun, apalagi mengatasnamakan organisasi KAHMI. Dalam pertemuan itu, Hamdan menyebut Akbar Tandjung memahami maksud KAHMI dan memastikan tidak akan mengatasnamakan KAHMI untuk kepentingan politik praktis. “Beliau menegaskan tidak akan menggunakan institusi, baik KAHMI maupun HMI untuk kepentingan politik praktis. Kalaupun akan dilaksanakan deklarasi dukungan pada capres tertentu, beliau setuju menggunakan nama ‘deklarasi dukungan Sahabat AT untuk Jokowi’. Dan dalam pertemuan tersebut juga disepakati tidak menggunakan kata Dies Natalis HMI, karena Dies Natalis adalah agendanya PB HMI,” tuturnya.

BACA JUGA:   15 September 2020 Program Salam Indonesia Bisa Penyejuk Hati bersama Dr. H. Hamdan Zoelva, SH.MH
Presiden Jokowi tunjukkan Kartu Keluarga Sejahtera Foto: Yudhistira Amran/kumparan

Lebih lanjut, Hamdan menegaskan pihaknya menghormati pilihan politik setiap alumni HMI. Bahkan, kata dia, banyak alumni yang tergabung dalam timses kedua paslon.

Meski begitu, ia mengimbau kepada para alumni untuk menjaga keutuhan dan martabat organisasi agar tidak dilibatkan, apalagi terseret dalam kepentingan politik praktis. “Kami menyatakan dengan tegas bahwa berita/flyer yang beredar, nama KAHMI untuk deklarasi dukungan pada paslon tertentu adalah tidak benar dan tampak sepengetahuan Majelis Nasional KAHMI. Kami mengimbau kepada seluruh alumni HMI untuk terus mengembangkan tradisi, tabayyun dalam menghadapi berbagai isu/berita/informasi yang belum jelas kebenaran dan belum jelasnya sumbernya,” pungkasnya.

sumber: kumparan.com


Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

Deprecated: implode(): Passing glue string after array is deprecated. Swap the parameters in /var/www/vhosts/si.or.id/public_html/wp-content/themes/newkarma/inc/template-tags.php on line 606

News Feed