by

Hadapi Pilpres, Peran Ormas Muslimah Strategis Bangun Bangsa

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Menjelang Pilpres 2019 ormas Muslimah memiliki peran yang strategis untuk membangun bangsa. Karena itu, dia meminta agar ormas Muslimah di Indonesia memberikan pendidikan politik terhadap masyarakat bawah.

“Mereka ormas ini sangat strategis sebab mereka kan punya kaki sampai bawah jadi penting kehadiran mereka untuk memberikan pendidikan poliitk buat masyarakat,” ujar Dosen Ilmu Politik FISIP Universitas Indonesia, Valina Singka Subekti  kepada Republika.co.id, Kamis (20/12).

Valina mengatakan, pendidikan politik terhadap kaum muslimah penting untuk memberikan pemahaman tentang kewajiban dan hak warga negara dalam memilih dan dipilih.

BACA JUGA:   Pilkada Di Masa Pandemik, WSI: Mengedepankan Integritas Dan Ketatkan Protokol Kesehatan

“Jadi bagaimana caranya agar mereka ini pemilih kita ini perempuan ini dibangun kesadaran politiknya itu supaya bisa menggunakkan hak pilihnya secara berkualiatas,” ucap Ketua Umum Pimpinan Pusat Wanita Syarikat Islam ini.

Dia menuturkan, jumlah pemilih Indonesia saat ini kurang lebih ada 190 juta dan separuhnya adalah perempuan. Namun, menurut dia, dari segi pendidikan kaum perempuan masih kalah dengan laki-laki, sehingga perlu didorong kesadaran politiknya.

BACA JUGA:   Webinar WSI dengan Tema "Pilkada Serentak 2020 ditengah Pandemi Covid"

“Jadi mereka ini mesti didorong diberdayakan dibangun kesadarannya sebaga seorang warna negara,” katanya.

Menurut dia, kaum perempuan harus didorong agar memilih pemimpin yang berkualitas pada Pilpres 2019 mendatang, serta perlu diberi pemahaman agar tidak memaklumi politik uang.

“Jangan pilih orangnya jika mereka money politik, pilihlah orang yang punya track record yang bagus, yang berintegritas, punya kapasitas, punya visi mengenai mengenai membangun Indonesia yang lebih baik,” kaya Valina.

sumber: republika.co.id

News Feed