by

Prof. Hamdan Zoelva Beri Penguatan Pancasila Pada Dialog Kebangsaan di UG

Bagikan:
Print Friendly, PDF & Email

GORONTALO, sulutGO– Seiring dengan pelantikan Pengurus Cabang Syarikat Islam (SI) Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo, bertempat di gedung Universitas Gorontalo Convention Center (UGCC), telah dilaksanakan Dialog Kebangsaan dengan menghadirkan mantan Ketua MK, yang kini menjabat Ketua DPP Syarikat Islam Prof. Dr. H. Hamdan Zoelva, SH.,MH, sebagai pembicara, Rabu (12/12).

Kegiatan ini turut dihadiri Bupati Gorontalo Utara H. Indra Yasin, SH.,MH, Wakil Bupati Gorontalo Utara Thoriq Modanggu, S.Pd.I.,M.Pd.I, dan jajaran Pimpinan Perguruan Tinggi Universitas Gorontalo diantaranya, Ketua Dewan Pembina YPDLP Dr. H. Rustam Hs. Akili, SE, SH.,MH, Ketua Dewan Pengurus YPDLP Moh. Jamal Moodoeto, SE.,MH, Rektor UG Dr. Ibrahim Ahmad, SH.,MH, dan Wakil Rektor II UG Dr. Dikson Junus, MPA.

Dalam dialog kebangsaan itu, di hadapan segenap Civitas Akademika UG, khususnya mahasiswa, serta tamu undangan lainnya, Prof. Dr. H. Hamdan Zoelva, SH.,MH memaparkan soal sejarah peradaban bangsa Indonesia, lewat keberadaan ormas Islam dikaitkan dengan perumusan pancasila.

BACA JUGA:   3 September 2020 Salam Radio dengan topik Geliat Syarikat Islam di Nusa Tenggara Timur

Secara panjang lebar, Prof. Hamdan memberi penguatan pancasila kepada peserta dialog yang hadir, terlebih mahasiswa. Prof. Hamdan pun membuka cakrawala berpikir, dalam konteks sejarah peradaban bangsa Indonesia dari sebelum merdeka hingga pasca kemerdekaan.

Sebelumnya, Prof. Hamdan mengaku, bangga bisa hadir untuk pertama kalinya di UG, meskipun ini lawatan kedua kalinya di Gorontalo. Namun, kunjungannya ke UG adalah yang pertama.

“Saya berbangga dapat hadir ditengah-tengah civitas akademika UG, apalagi diberikan kesempatan untuk bisa bertukar pikiran dengan peserta yang hadir terkait sejarah gerakan ormas islam di Indonesia. Terima kasih atas sambutannya,” tutur Prof. Hamdan.

Bupati Gorontalo Utara H. Indra Yasin, SH.,MH yang juga selaku Ketua Pimpinan Wilayah SI Provinsi Gorontalo pun turut menyampaikan terima kasih kepada Yayasan dan UG yang telah memberi ruang bagi SI untuk melaksanakan kegiatan pelantikan, yang dirangkaikan dengan dialog kebangsaan ini.

BACA JUGA:   Pimpinan Wilayah Syarikat Islam Sulut mengucapkan Dirgahayu Indonesia ke-75 Tahun

“Saya berharap, mudah-mudahan melalui kegiatan ini, dapat memberikan kontribusi keilmuan dan pengetahuan sejarah bagi peserta yang hadir, terlebih kepada mahasiswa UG,” ucap Indra.

Sementara itu, Wakil Rektor II UG Dr. Dikson Junus, MPA dalam kesempatan yang sama mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu sumber referensi mahasiswa, karena banyak hal yang belum diketahui.

“Terkait dialog kebangsaan ini, mahasiswa dapat mengetahui kajian tentang gerakan organisasi pada zaman kolonialisme sebelum lahir gerakan kebangkitan nasional oleh tokoh pemuda tahun 1908 dan gerakan pemuda tahun 1928,” tandas Dikson. (hmsug)

sumber: sulutgoonline.com

News Feed