1 Abad WSI, Konsisten Perjuangkan Isu Perempuan

by admin
2 views
 . Wanita Syarikat Islam (WSI) memperingati hari lahirnya yang ke-100 tahun. Peringatan tersebut dilaksanakan di Gedung Nusantara V Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (7/12).
Ketua Umum PP WSI, Dr. Valina Singka Subekti mengatakan bahwa sejak didirikan, WSI tidak pernah berhenti bergiat dalam program-program penguatan masyarakat.

“Hingga saat ini Wanita Syarikat Islam konsisten terlibat aktif memperjuangkan berbagai isu untuk melindungi kepentingan perempuan, anak dan memperkuat ketahanan keluarga. Isu kesetaraan dan keadilan gender, dan penguatan ekonomi umat menjadi salah satu perhatian utama WSI,” ungkap Valina Singka.

“Demikian pula isu yang terkait dengan kesehatan, pendidikan dan lingkungan hidup untuk mendorong tercapainya berbagai indikator dalam Sustainable Development Goals (SDG’s),” tambahnya.

BACA JUGA:   Webinar Nasional. Kerjasama PP WSI dengan STISIPOL CHANDRADIMUKA dan WSI SUMATERA SELATAN

Sebagaimana diketahui, Keberadaan WSI berawal dari Sarekat Siti Fatimah tahun 1918 di Garut dan menjadi salah satu pemrakarsa penyelenggaraan Kongres Wanita Indonesia yang pertama tahun 1928 serta turut aktif berjuang mencapai Indonesia merdeka.

Kelahiran WSI tidak dapat dipisahkan dari Syarikat Dagang Islam (SDI) 1905 dan Syarikat Islam yang didirikan HOS Tjokroaminoto tahun 1906. SDI dan SI adalah pelopor pergerakan kebangsaan Indonesia yang paling awal.

BACA JUGA:   DPP dan seluruh kaum Syarikat Islam turut berduka cita mendalam atas wafatnya tokoh Wanita Syarikat Islam dan Aktivis sosial, Almarhumah Hj D Ruyati Hasbullah

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua MPR RI Dr. Zulkifli Hasan, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, Ketua Umum Laznah Tanfldziyah Syarikat Islam, Dr. Hamdan Zoelva dan beberapa tokoh publik lainnya. [rus]

EDITOR: RUSLAN TAMBAK

sumber: rmol.id

You may also like

Chat sekarang
Punya Berita Seputar SI? Klik Disini